Konstruksi Kognisi Sosial Berbasis Nilai-Nilai Kearifan Lokal dalam Pembelajaran IPS untuk Penguatan Sikap Sosial Siswa SMP


Sugiantoro, 0301619001 (2023) Konstruksi Kognisi Sosial Berbasis Nilai-Nilai Kearifan Lokal dalam Pembelajaran IPS untuk Penguatan Sikap Sosial Siswa SMP. Doctoral thesis, UNIVERSITAS NEGERI SEMARANG.

[thumbnail of Thesis] PDF (Thesis)
Restricted to Repository staff only

Download (22MB) | Request a copy

Abstract

Rendahnya kemampuan kognitif siswa Sekolah Menengah Pertama (SMP) di Kabupaten Sidoarjo dalam memahami materi IPS disebabkan oleh beberapa faktor, diantaranya kesulitan siswa dalam memahami materi pelajaran yang bersifat umum dalam pembelajaran IPS. Model Konstruksi Kognisi Sosial Berbasis Nilai-Nilai Kearifan Lokal (Kukis Berakal) merupakan pengembangan dari teori behavioristik yang menjelaskan bahwa proses belajar pada dasarnya dalam keadaan alamiah dengan mengamati pola perilaku dan konsekuensinya. Model Kukis Berakal menghadirkan cara belajar yang berkaitan dengan perilaku, lingkungan, dan kognisi siswa. Sikap sosial siswa tidak dihadirkan dengan refleks otomatis antara reaksi stimulus akibat interaksi antara lingkungan dan kognitif siswa melalui prinsip retensi, reproduksi, motivasi, dan efikasi diri. Dalam penerapannya, materi yang disajikan didasarkan pada kondisi nyata yang ada di lingkungan sosial siswa dengan tujuan untuk meningkatkan minat, motivasi, dan efikasi diri. Penelitian ini dilakukan di empat SMP di Kabupaten Sidoarjo dengan responden guru dan siswa kelas VIII. Penelitian ini merupakan penelitian yang didesain menggunakan pendekatan kualitatif dengan metode Design Based Research (DBR) melalui empat tahap meliputi analisis masalah praktis, pengembangan model, penerapan model, dan refleksi hasil. Hasil penelitian menunjukkan bahwa siswa dan guru memberikan respon positif dalam menerapkan model Kukis Berakal untuk mengatasi kesulitan dalam memahami materi pelajaran. Model Kukis Berakal terbukti layak untuk digunakan pada pembelajaran IPS dan mampu meningkatkan kemampuan kognitif, memperkuat sikap sosial siswa, motivasi serta nurturant effect. Model Konstruksi kognisi sosial direkomendasikan sebagai model pembelajaran yang bermakna namun guru harus cermat dalam mengatur waktu agar sintaks pembelajaran dapat berjalan dengan baik.

Item Type: Thesis (Doctoral)
Uncontrolled Keywords: Kognisi sosial, kearifan lokal, sikap sosial
Subjects: H Social Sciences > H Social Sciences (General)
H Social Sciences > HV Social pathology. Social and public welfare
Fakultas: Pasca Sarjana > Pendidikan Ilmu Pengetahuan Sosial, S3
Depositing User: Setyarini UPT Perpus
Date Deposited: 07 Feb 2024 03:43
Last Modified: 07 Feb 2024 03:43
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/61889

Actions (login required)

View Item View Item