ANALISIS PENGGUNAAN BUKU AJAR MATEMATIKA DITINJAU DARI ASPEK METAKOGNITIF SISWA KELAS X SMA MUHAMMADIYAH WONOSOBO TAHUN PELAJARAN 2020/2021


Iqbal Ma’ruf Al Ashari, 4101417046 (2022) ANALISIS PENGGUNAAN BUKU AJAR MATEMATIKA DITINJAU DARI ASPEK METAKOGNITIF SISWA KELAS X SMA MUHAMMADIYAH WONOSOBO TAHUN PELAJARAN 2020/2021. Under Graduates thesis, UNIVERSITAS NEGERI SEMARANG.

[thumbnail of Skripsi] PDF (Skripsi)
Restricted to Repository staff only

Download (918kB) | Request a copy

Abstract

Buku ajar merupakan media pembelajaran yang mendukung proses belajar mengajar yang lebih efektif. Dalam penyusunannya, buku ajar harus mengacu pada tujuan pendidikan nasional. Mengingat urgensi buku ajar dalam kegiatan belajar mengajar, diperlukan peningkatan mutu buku ajar sehingga diperoleh hasil belajar siswa yang lebih optimal. Fakta di lapangan ditemukan bahwa buku ajar yang disusun tidak terdapat aspek metakognitif siswa, sehingga buku tersebut tidak ada balikan dari pengguna. Tujuan penelitian ini adalah mendeskripsikan penggunaan buku ajar matematika siswa serta mendeskripsikan kualitas buku ajar matematika siswa yang ditinjau dari aspek metakognitif pada siswa kelas X SMA Muhammadiyah Wonosobo semester II tahun pelajaran 2020/2021. Dengan demikian, fokus penelitian ini difokuskan pada analisis buku ajar matematika siswa SMA Kurikulum 2013 ditinjau dari aspek metakognitif siswa. Jenis penelitian yang digunakan yakni penelitian deskriptif dengan menggunakan pendekatan kualitatif. Subjek penelitian ini adalah siswa yang menggunakan buku ajar mata pelajaran Matematika SMA yang digunakan di SMA Muhammadiyah Wonosobo Tahun Pelajaran 2020/2021. Buku Ajar Matematika Siswa SMA kelas X Kurikulum 2013 yang diterbitan oleh Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia tahun 2017 yang ditulis oleh Bornok Sinaga, dkk dengan ISBN 978-602-427-114-5. Dengan menggunakan teknik pengumpulan data berupa dokumentasi, observasi, wawancara, dan angket. Hasil penelitian yang diperoleh menunjukkan bahwa, (1) penggunaan buku ajar matematika siswa ditinjau dari aspek metakognitif siswa berdasar tingkat kesulitan pada materi fungsi tergolong sedang dan materi trigonometri tergolong sulit; berdasarkan kemampuan siswa memahami buku pada materi fungsi tergolong kurang paham dan materi trigonometri tergolong paham; berdasarkan kemampuan menggunakan informasi untuk mencapai tujuan pada materi fungsi tergolong sangat bisa menggunakan dan materi trigonometri tergolong bisa menggunakan; berdasarkan kemampuan menilai kemajuan belajar pada materi fungsi tergolong kurang mampu menilai dan materi trigonometri tergolong mampu menilai. Serta, (2) kualitas buku ajar ditinjau dari aspek metakognitif siswa berdasar tingkat kesulitan pada materi fungsi tergolong baik dan materi trigonometri tergolong kurang baik; berdasarkan kemampuan siswa memahami buku pada materi fungsi tergolong kurang baik dan materi trigonometri tergolong baik; berdasarkan kemampuan siswa memahami buku pada materi fungsi tergolong kurang baik dan materi trigonometri tergolong baik; berdasarkan kemampuan menggunakan informasi untuk mencapai tujuan pada materi fungsi tergolong sangat baik dan materi trigonometri tergolong baik; berdasarkan kemampuan menilai kemajuan belajar pada materi fungsi tergolong kurang baik dan materi trigonometri tergolong baik.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Analisis Penggunaan, Buku Ajar Matematika, Metakognitif Siswa
Subjects: L Education > L Education (General) > learning style
Q Science > QA Mathematics
Q Science > QA Mathematics > Mathematics Education
Fakultas: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Matematika, S1
Depositing User: TUKP unnes
Date Deposited: 30 Jan 2024 01:58
Last Modified: 30 Jan 2024 01:58
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/61622

Actions (login required)

View Item View Item