KEMAMPUAN KOMUNIKASI MATEMATIS DITINJAU DARI SELF-EFFICACY SISWA TERHADAP MODEL PEMBELAJARAN TEAM ASSISTED INDIVIDUALIZATION BERBASIS ASSESMENT FOR LEARNING


Rachellia Saraswati, 4101416134 (2022) KEMAMPUAN KOMUNIKASI MATEMATIS DITINJAU DARI SELF-EFFICACY SISWA TERHADAP MODEL PEMBELAJARAN TEAM ASSISTED INDIVIDUALIZATION BERBASIS ASSESMENT FOR LEARNING. Under Graduates thesis, UNIVERSITAS NEGERI SEMARANG.

[thumbnail of Skripsi] PDF (Skripsi)
Restricted to Repository staff only

Download (5MB) | Request a copy

Abstract

Komunikasi matematis memiliki peran yang sangat penting dan harus dimiliki oleh siswa. Kemampuan komunikasi matematis siswa masih sangatlah rendah, untuk meningkatkan komunikasi siswa diperlukan Self-Efficacy dan model pembelajaran Team Assisted Individualization berbasis Assesment for Learning untuk meningkatkan komunikasi matematis. Tujuan utama penelitian ini adalah menganalisis kemampuan komunikasi matematis siswa ditinjau dari Self-Efficacy, sebagai akibat dari penerapan model pembelajaran Team Assisted Individualization berbasis Assesment for Learning. Penelitian ini menggunakan metode mix method dengan sequential explanatory design. Populasi penelitian adalah siswa kelas VIII SMP Negeri 21 Semarang. Sampel dalam penelitian ini adalah kelas VIII F dan VIII G SMP Negeri 21 Semarang yang dipilih dengan menggunakan teknik purposive sampling. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa : (1) Kemampuan komunikasi matematis pada model pembelajaran Team Assisted Individualization ditinjau dari Self-Efficacy berbasis Assesment for Learning dapat mencapai lebih dari kriteria ketuntasan minimal, (2) Rata-rata serta proporsi hasil tes kemampuan komunikasi matematis pada model pembelajaran Team Assisted Individualization ditinjau dari Self-Efficacy berbasis Assesment for Learning lebih baik dari hasil tes kemampuan komunikasi matematis siswa pada model pembelajaran Direct Instruction, (3) Terdapat pengaruh antara Self-Efficacy terhadap kemampuan komunikasi matematis siswa pada model pembelajaran Team Assisted Individualization berbasis Assesment for Learning, (4) Kemampuan komunikasi matematis pada siswa kelompok kategori Self-Efficacy tinggi sudah mampu menuliskan simbol-simbol matematika dengan benar, membuat gambar yang relevan dengan soal, menuliskan jawaban sesuai dengan maksud soal dan menuliskan alasan-alasan dalam menjawab soal, (5) Kemampuan komunikasi matematis pada siswa kelompok kategori Self�Efficacy sedang cukup mampu dalam memenuhi 4 indikator dari 6 indikator kemampuan komunikasi matematis, (6) Kemampuan komunikasi matematis pada siswa kelompok kategori Self-Efficacy rendah kurang mampu menguasai beberapa indikator kemampuan komunikasi matematis

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Kemampuan Komunikasi Matematis, Self-Efficacy, Team Assisted Individualisation, Assessment for Learning.
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
L Education > LB Theory and practice of education > Assessment of Learning
L Education > LB Theory and practice of education > Assessment of Learning
Q Science > QA Mathematics
Fakultas: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Matematika, S1
Depositing User: TUKP unnes
Date Deposited: 29 Jan 2024 08:04
Last Modified: 29 Jan 2024 08:04
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/61606

Actions (login required)

View Item View Item