PENGEMBANGAN PERANGKAT PEMBELAJARAN MATEMATIKA BERBANTU MEDIA VIDEO DAN KAHOOT GUNA MENINGKATKAN KEMAMPUAN BERPIKIR KREATIF MATEMATIS SISWA KELAS X


Rendhy Ghian Baskara, 4101416091 (2022) PENGEMBANGAN PERANGKAT PEMBELAJARAN MATEMATIKA BERBANTU MEDIA VIDEO DAN KAHOOT GUNA MENINGKATKAN KEMAMPUAN BERPIKIR KREATIF MATEMATIS SISWA KELAS X. Under Graduates thesis, UNIVERSITAS NEGERI SEMARANG.

[thumbnail of Skripsi] PDF (Skripsi)
Restricted to Repository staff only

Download (7MB) | Request a copy

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan proses pengembangan perangkat pembelajaran matematika berbantu video pembelajaran dan Kahoot guna meningkatkan kemampuan berpikir kreatif matematis siswa kelas X serta menguji tingkat kelayakan perangkat pembelajaran berbantu media video pembelajaran dan Kahoot guna meningkatkan kemampuan berpikir kreatif matematis siswa kelas X. Metode penelitian yang digunakan adalah penelitian dan pengembangan (R&D). Tahapan penelitian ini meliputi spesifikasi produk, perumusan pernyataan dan pertanyaan, analisis pernyataan dan pertanyaan, pengembangan produk, validasi produk, seleksi dan perakitan produk, administrasi instrumen, serta penyusunan skala dan norma. Tahapan uji coba produk tidak dapat dilakukan karena pada saat penelitian ini dilakukan, sedang terjadinya pandemi Covid-19 sehingga tidak dapat melakukan kunjungan langsung ke sekolah. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa pengembangan perangkat pembelajaran matematika berbantu media video dan Kahoot dapat digunakan sebagai salah satu alternatif dalam melaksanakan pembelajaran baik di dalam kelas maupun di luar kelas. Perangkat tersebut kemudian divalidasi oleh validator sehingga diperoleh hasil bahwa perangkat yang dikembangkan memenuhi kriteria sangat layak. Kriteria kelayakan dalam penelitian ini diperoleh dari hasil validasi oleh validator. Saran yang dapat diberikan dalam penelitian ini adalah penggunaan internet di bidang pendidikan sebaiknya semakin dikembangkan, serta sebaiknya guru mengembangkan media pembelajaran semacam video pembelajaran dalam pelaksanaan pembelajaran. Karena dengan penggunaan bantuan media pembelajaran dan internet, maka pembelajaran yang dilakukan dapat semakin efisien. Serta dalam penggunaan aplikasi Kahoot sebaiknya menggunakan versi pro agar dalam penggunaannya dapat menggunakan fitur yang lebih lengkap.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Internet, Pengembangan Perangkat Pembelajaran, Video, Kahoot, Kemampuan Berpikir Kreatif
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
L Education > LB Theory and practice of education > Learning Process
Q Science > QA Mathematics
Fakultas: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Matematika, S1
Depositing User: TUKP unnes
Date Deposited: 29 Jan 2024 07:48
Last Modified: 29 Jan 2024 07:48
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/61602

Actions (login required)

View Item View Item