PENGEMBANGAN PERANGKAT PEMBELAJARAN MATEMATIKA BERBASIS MODEL E-LEARNING BERSTRATEGI SCAFFOLDING UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN KOMUNIKASI MATEMATIS SISWA


Wiras Walmiki, 4101416079 (2022) PENGEMBANGAN PERANGKAT PEMBELAJARAN MATEMATIKA BERBASIS MODEL E-LEARNING BERSTRATEGI SCAFFOLDING UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN KOMUNIKASI MATEMATIS SISWA. Under Graduates thesis, UNIVERSITAS NEGERI SEMARANG.

[thumbnail of Skripsi] PDF (Skripsi)
Restricted to Repository staff only

Download (30MB) | Request a copy

Abstract

Penelitian ini bertujuan mengambangkan perangkat pembelajaran matematika dengan model e-learning berstrategi scaffolding untuk Meningkatkan Kemampuan Komunikasi Mtematis Siswa. Mengembangkan berarti membuat perangkat pembelajaran yang valid, praktis dan efektif. Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan dengan menggunakan model Borg and Gall. Validasi perangkat dilakukan dengan meminta penilaian para ahli (validator), pengujian kepraktisan dilakukan dengan menganalisis data respon guru terhadap perangkat pembelajaran, sedangkan pengujian keefektifan dilakukan dengan: (1) uji ketuntasan individual, (2) uji ketuntasan klasikal dan (3) uji peningkatan kemampuan komunikasi matematis. Teknik pengumpulan data dengan wawancara, tes, observasi, dan angket. Hasil penilaian validator menunjukkan bahwa rata-rata nilai untuk silabus, Rencana Program Pembelajaran (RPP), Lembar Kerja Siswa (LKS), bahan ajar dan soal tes kemampuan komunikasi matematis berturut-turut adalah 3,91; 3,77; 3,74; 3,67 dan 3,77 sehingga perangkat pembelajaran tergolong valid. Rata-rata skor respon guru terhadap perangkat pembelajaran adalah 3,88 yang mengindikasikan bahwa perangkat pembelajaran praktis. Hasil uji keefektifan perangkat pembelajaran menunjukkan bahwa: rata-rata hasil tes kemampuan pemecahan masalah siswa lebih dari KKM (65); persentase kemampuan pemecahan masalah matematika siswa mencapai nilai ≥ 65 lebih dari 75% dan terjadi peningkatan kemampuan pemecahan masalah siswa sebesar 0,45 yang termasuk dalam kategori sedang. Dengan demikian perangkat pembelajaran dengan model e-learning berstrategi scaffolding untuk Meningkatkan Kemampuan Komunikasi Mtematis Siswa termasuk dalam kategori valid, praktis, dan efektif.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: pengembangan, e-learning, scaffolding, komunikasi, matematika
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
L Education > LB Theory and practice of education > Learning Model
Q Science > QA Mathematics
Q Science > QA Mathematics > Mathematics Education
Fakultas: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Matematika, S1
Depositing User: TUKP unnes
Date Deposited: 29 Jan 2024 07:43
Last Modified: 29 Jan 2024 07:43
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/61600

Actions (login required)

View Item View Item