ANALISIS KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH MATEMATIS PESERTA DIDIK MENGGUNAKAN MODEL PROBLEM BASED LEARNING BERBANTUAN MEDIA VIDEO PEMBELAJARAN DITINJAU DARI KARAKTER RASA INGIN TAHU


Fajar Resdiana, 4101414079 (2021) ANALISIS KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH MATEMATIS PESERTA DIDIK MENGGUNAKAN MODEL PROBLEM BASED LEARNING BERBANTUAN MEDIA VIDEO PEMBELAJARAN DITINJAU DARI KARAKTER RASA INGIN TAHU. Under Graduates thesis, UNIVERSITAS NEGERI SEMARANG.

[thumbnail of Skripsi] PDF (Skripsi)
Restricted to Repository staff only

Download (9MB) | Request a copy

Abstract

Kemampuan pemecahan masalah matematis merupakan kemampuan yang harus dimiliki oleh peserta didik karena dengan kemampuan tersebut peserta didik dapat memahami pengetahuan baru secara lebih mendalam yang diperoleh melalui pengalaman menyelesaikan suatu permasalahan matematis. Penelitian ini bertujuan untuk: 1) menguji apakah kemampuan pemecahan masalah matematis peserta didik menggunakan model Problem Based Learning (PBL) berbantuan media video pembelajaran dapat mencapai ketuntasan belajar; 2) menguji apakah kemampuan pemecahan masalah matematis peserta didik menggunakan model PBL berbantuan media video pembelajaran lebih baik dari kemampuan pemecahan masalah matematis peserta didik menggunakan model pembelajaran PBL berbantuan media powerpoint; 3) menguji apakah rasa ingin tahu berpengaruh terhadap kemampuan pemecahan masalah matematis peserta didik menggunakan model PBL berbantuan media video pembelajaran; dan 4) mendeskripsikan kemampuan pemecahan masalah matematis peserta didik ditinjau dari rasa ingin tahu pada model PBL berbantuan media video pembelajaran. Penelitian ini menggunakan metode mixed method. Populasinya adalah seluruh peserta didik kelas VIII SMP Negeri 1 Somagede Tahun Pelajaran 2020/2021. Dengan menggunakan teknik simple random sampling terpilih dua kelompok sampel yaitu kelompok kontrol dan kelompok eksperimen. Subjek penelitian dipilih dengan teknik purposive sampling sehingga terpilih 6 subjek penelitian masing-masing 2 subjek dari kategori tinggi, sedang, dan rendah berdasarkan pengelompokkan hasil angket rasa ingin tahu. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: 1) kemampuan pemecahan masalah matematis peserta didik menggunakan model PBL berbantuan media video pembelajaran mencapai ketuntasan belajar; 2) kemampuan pemecahan masalah matematis peserta didik menggunakan model PBL berbantuan media video pembelajaran lebih baik dari kemampuan pemecahan masalah matematis peserta didik menggunakan model PBL berbantuan media powerpoint; 3) rasa ingin tahu memberikan pengaruh yang signifikan positif terhadap kemampuan pemecahan masalah matematis peserta didik; dan 4) deskripsi kecenderungan kemampuan pemecahan masalah matematis menggunakan langkah Pólya dengan indikator: 1) memahami masalah; 2) mengorganisasi data dan memilih informasi yang relevan dalam mengidentifikasi masalah; 3) menyajikan suatu rumusan masalah secara matematis dalam berbagai bentuk; 4) memilih pendekatan dan strategi yang tepat untuk memecahkan masalah; 5) menggunakan atau mengembangkan strategi pemecahan masalah; 6) menafsirkan hasil jawaban yang diperoleh untuk memecahkan masalah; serta 7) menyelesaikan masalah, untuk subjek dengan rasa viii ingin tahu tinggi mampu memenuhi seluruh indikator dengan sempurna; subjek dengan rasa ingin tahu sedang mampu memenuhi seluruh indikator dengan sedikit kekeliruan pada indikator nomor 5 namun tidak mempengaruhi hasil perhitungan dan kesimpulan akhir; kemudian subjek dengan rasa ingin tahu rendah mampu memenuhi indikator nomor 1, 2, 3, dan 4 namun kerap kali belum tepat dalam melakukan perhitungan pada indikator nomor 5 dan memaksakan kesimpulan (solusi permasalahan) pada indikator nomor 6 dan 7.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis, Model Problem Based Learning, Video Pembelajaran, Rasa Ingin Tahu
Subjects: L Education > L Education (General) > Learning Model
L Education > L Education (General)
Q Science > QA Mathematics > Mathematics Education
Fakultas: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Matematika, S1
Depositing User: TUKP unnes
Date Deposited: 29 Jan 2024 07:02
Last Modified: 29 Jan 2024 07:02
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/61591

Actions (login required)

View Item View Item