PENGEMBANGAN E-LKPD ANYFLIP BERBASIS GUIDED INQUIRY MATERI PENCEMARAN LINGKUNGAN UNTUK MENINGKATKAN KETERAMPILAN PROSES SAINS PESERTA DIDIK


Umi Malichatun Uswah, 4001418062 (2022) PENGEMBANGAN E-LKPD ANYFLIP BERBASIS GUIDED INQUIRY MATERI PENCEMARAN LINGKUNGAN UNTUK MENINGKATKAN KETERAMPILAN PROSES SAINS PESERTA DIDIK. Under Graduates thesis, UNIVERSITAS NEGERI SEMARANG.

[thumbnail of Skripsi] PDF (Skripsi)
Restricted to Repository staff only

Download (2MB) | Request a copy

Abstract

Perkembangan teknologi dalam dunia pendidikan yang semakin pesat sehingga penggunaan media cetak dalam pembelajaran kurang efisien dan kurangnya keterampilan proses sains peserta didik. Penelitian ini bertujuan untuk menganalis E-LKPD anyflip berbasis guided inquiry materi pencemaran lingkungan untuk meningkatkan keterampilan proses sains peserta didik. Penelitian R&D (Research and Development) ini dilaksanakan pada subjek penelitian sebanyak 32 siswa pada kelas VII D di MTsN 2 Banyumas. Dalam penelitian ini peneliti menggunakan model pengembangan 4-D pendefinisian (Define), perencanaan (Design), pengembangan (Develop), dan penyebaran (Disseminate). Namun penelitian ini hanya dibatasi sampai tahapan Develop yaitu produk diuji cobakan pada peserta didik dan tidak disebarluaskan. Desain produk diuji coba dengan menggunakan one group pretest-posttest design. Penilaian keterampilan proses sains dilakukan melalui tes menggunakan soal uraian. Analisis data yang digunakan adalah analisi validitas, uji normalized gain (N-gain), dan analisis keterbacaan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa E-LKPD dinyatakan valid dan berdasarkan hasil pengerjaan soal pretest dan posttest, diperoleh N-gain sebesar 0,70 dalam kategori tinggi. Hasil pengisian angket keterbacaan oleh peserta didik diperoleh hasil meliputi beberapa aspek yang dinilai yaitu pada aspek materi 99,20%, aspek penyajian 97,56%, aspek bahasa yang digunakan 96,95% dan aspek Guided Inquiry 94,15%. Berdasarkan hasil tersebut dapat disimpulkan bahwa E-LKPD yang dikembangkan valid dan dapat meningkatkan keterampilan proses sains peserta didik

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: E-LKPD, Anyflip,Guided Inquiry,Keterampilan Proses Sains
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
L Education > LB Theory and practice of education > Learning Process
Q Science > Q Science (General)
Fakultas: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Ilmu Pengetahuan Alam, S1
Depositing User: TUKP unnes
Date Deposited: 29 Jan 2024 04:43
Last Modified: 29 Jan 2024 04:43
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/61583

Actions (login required)

View Item View Item