PENGEMBANGAN E-LKPD BERBASIS PEMBELAJARAN PROYEK UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS PESERTA DIDIK PADA MATERI PENCEMARAN LINGKUNGAN


Niza Maulida, 4001418058 (2022) PENGEMBANGAN E-LKPD BERBASIS PEMBELAJARAN PROYEK UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS PESERTA DIDIK PADA MATERI PENCEMARAN LINGKUNGAN. Under Graduates thesis, UNIVERSITAS NEGERI SEMARANG.

[thumbnail of Skripsi] PDF (Skripsi)
Restricted to Repository staff only

Download (3MB) | Request a copy

Abstract

Pendidikan merupakan hal yang sangat penting dalam menentukan kualitas mutu dari seseorang. Tantangan di abad 21 serta pesatnya perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi yang sedang dihadapi saat ini. Kurikulum 2013 mengharuskan peserta didik memiliki keterampilan abad 21 yaitu 4C (communication, collaboration, critical thinking, and creativity). Pada pembelajaran abad 21, kemampuan berpikir kritis menjadi pilihan utama yang dikuasai oleh peserta didik. Penggunaan LKPD di sekolah masih banyak yang menggunakan dalam bentuk cetak, menampilkan warna yang monoton, memuat banyak teks, dan sedikit gambar. LKPD yang digunakan biasanya berbentuk langkah-langkah atau panduan untuk melaksanakan praktikum, belum terdapat sintaks yang memuat model pembelajaran tertentu, serta tidak memberikan permasalahan-permasalahan konkret yang dapat memacu kemampuan berpikir kritis peserta didik. Maka dari itu dikembangkanlah E-LKPD berbasis pembelajaran proyek untuk meningkatkan kemampuan berpikir kritis peserta didik pada materi pencemaran lingkungan. Penelitian ini bertujuan mendeskripsikan karakteristik, menganalisis kelayakan, menganalisis efektifitas dan tanggapan E�LKPD berbasis pembelajaran proyek untuk meningkatkan kemampuan berpikir kritis peserta didik. Desain Penelitian yang digunakan yaitu RnD (Research and Development), dengan model pengembangan 4-D. Subjek dalam penelitian ini adalah validator ahli dan peserta didik kelas VII B sebanyak 32 peserta didik. Pada penelitian ini E-LKPD berbasis pembelajaran proyek dikembangkan dalam bentuk aplikasi android. Karakteristik E-LKPD berbasis pembelajaran proyek antara lain, (1) E-LKPD berbasis pembelajaran proyek berbentuk aplikasi android yang aksesibel, (2) E-LKPD berbasis pembelajaran proyek disajikan secara menarik, (3) E-LKPD memuat serangkaian kegiatan pembelajaran berbasis proyek pada materi pencemaran lingkungan, dan (4) E-LKPD berbasis pembelajaran proyek menyajikan serangkaian kegiatan pembelajaran yang dapat meningkatkan kemampuan berpikir kritis peserta didik. Hasil analisis validasi ahli menunjukkan bahwa E-LKPD berbasis pembelajaran proyek yang dikembangkan layak digunakan berdasarkan penilaian ahli materi maupun ahli media dengan persentase rata-rata sebesar 89,13% dan 96,03%. Hasil penelitian menunjukkan bahwa E�LKPD berbasis pembelajaran proyek yang dikembangkan mampu meningkatkan kemampaun berpikir kritis peserta didik, dengan nilai N-Gain mencapai 0,79 yang termasuk dalam kriteria tinggi dan mendapat tanggapan yang sangat baik dari peserta didik.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: E-LKPD, Pembelajaran Proyek, Berpikir Kritis.
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
L Education > LB Theory and practice of education > Learning Process
Q Science > Q Science (General)
Fakultas: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Ilmu Pengetahuan Alam, S1
Depositing User: TUKP unnes
Date Deposited: 29 Jan 2024 04:36
Last Modified: 29 Jan 2024 04:36
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/61582

Actions (login required)

View Item View Item