PENGEMBANGAN MILEAR-PBL UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH IPA


Dwi Kartika, 4001418056 (2022) PENGEMBANGAN MILEAR-PBL UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH IPA. Under Graduates thesis, UNIVERSITAS NEGERI SEMARANG.

[thumbnail of Skripsi] PDF (Skripsi)
Restricted to Repository staff only

Download (7MB) | Request a copy

Abstract

Kemampuan pemecahan masalah pada abad 21 menjadi salah satu kompetensi yang harus dimiliki peserta didik dalam proses pembelajaran IPA. Namun, kemampuan pemecahan masalah peserta didik pada pembelajaran IPA masih rendah. Rendahnya kemampuan pemecahan masalah disebabkan karena beberapa peserta didik masih kesulitan dalam mengerjakan soal-soal yang diaplikasikan dalam kasus dunia nyata. Salah satu faktor yang menyebabkan kemampuan pemecahan masalah rendah adalah media yang digunakan belum mampu memfasilitasi peserta didik dalam meningkatkan kemampuan pemecahan masalahnya. Dalam rangka permasalahan tersebut, maka salah satu solusi yang dapat dilakukan adalah menyediakan mobile learning-articulate storyline berbasis problem based learning (MILEAR-PBL). Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan media MILEAR�PBL yang layak dan efektif untuk meningkatkan kemampuan pemecahan masalah IPA. Desain Penelitian yang digunakan adalah penelitian RnD (Research and Development) dengan menggunakan model pengembangan ADDIE. Pengambilan data dilakukan di SMP Muhammadiyah dengan subjek penelitian kelas VIII A. Hasil penelitian media MILEAR-PBL dinyatakan layak dari rata rata validasi oleh ahli media sebesar 90,84% sangat valid, validasi oleh ahli materi adalah 87,56% sangat valid, dan hasil angket pemakaian media oleh peserta didik diperoleh rata�rata sebesar 88,37% dengan kriteria sangat layak. Penggunaan MILEAR-PBL dalam meningkatkan kemampuan pemecahan masalah IPA mengalami peningkatan pada nilai n-gain sebesar 0,57 yang termasuk dalam kategori sedang. Berdasarkan uraian tersebut disimpulkan bahwa media MILEAR-PBL layak digunakan sebagai media pembelajaran dan mampu meningkatkan kemampuan pemecahan masalah IPA

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Media MILEAR, Problem Based Learning, Kemampuan Pemecahan Masalah.
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
L Education > LB Theory and practice of education > Learning Process
Q Science > Q Science (General)
Fakultas: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Ilmu Pengetahuan Alam, S1
Depositing User: TUKP unnes
Date Deposited: 29 Jan 2024 04:25
Last Modified: 29 Jan 2024 04:25
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/61579

Actions (login required)

View Item View Item