PENGEMBANGAN E-LKPD BERBASIS ETNO-STEM BERBANTUAN AUGMENTED REALITY UNTUK MELATIH KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS SISWA


Tulus Pangestuti, 4001418005 (2022) PENGEMBANGAN E-LKPD BERBASIS ETNO-STEM BERBANTUAN AUGMENTED REALITY UNTUK MELATIH KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS SISWA. Under Graduates thesis, UNIVERSITAS NEGERI SEMARANG.

[thumbnail of Skripsi] PDF (Skripsi)
Restricted to Repository staff only

Download (6MB) | Request a copy

Abstract

Kemampuan berpikir kritis merupakan salah satu kecakapan pendidikan abad 21 yang harus dimiliki siswa. Pentingnya kemampuan berpikir kritis ini merupakan menjadi permasalahan yang sering ditemukan pada siswa SMP pada pembelajaran IPA. Hal tersebut dikarenakan penerapan kurikulum 2013 yang kurang optimal dan siswa tidak terbiasa menemukan konsep dari pengetahuannya sendiri. Hasil observasi yang telah dilakukan di SMP Negeri 1 Tambakromo juga menunjukkan bahwa pembelajaran yang dilaksanakan belum sepenuhnya menerapkan Kurikulum 2013, baik dari cara mengajar, perangkat pembelajaran yang digunakan, hingga penilaian kemampuan siswa, sehingga mempengaruhi tingkat kemampuan berpikir kritis siswa. Seiring dengan pesatnya perkembangan teknologi, pengembangan ELKPD menjadi salah satu inovasi dalam pengembangan bahan ajar yang dapat mempermudah pencapaian tujuan pembelajaran serta dapat meningkatkan efisiensi dalam proses kegiatan belajar mengajar. Pengembangan E-LKPD berbasis EtnoSTEM berbantuan augmented reality dapat membuat siswa menemukan konsep pengetahuannya sendiri sehingga diharapkan mampu melatih kemampuan berpikir kritis. Tujuan penelitian ini adalah menganalisis karakteristik dan validitas E-LKPD berbasis Etno-STEM berbantuan augmented reality untuk melatih kemampuan berpikir kritis yang dikembangkan. Jenis penelitian ini merupakan penelitian pengembangan (Research and Development) dengan model 4-D yang dikembangkan oleh Thiagarajan (1974) terdiri dari tahap define, design, develop, and disseminate namun pada penelitian ini terbatas sampai tahap develop. Subjek penelitian ini adalah 32 siswa kelas VIII SMPN 1 Tambakromo pada tahap uji coba terbatas. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah wawancara, dokumentasi, dan angket. Hasil penelitian menunjukkan karakteristik dari E-LKPD berbasis Etno-STEM berbantuan augmented reality yang dikembangkan ini antara lain (1) praktis; (2) terintegrasi Etno-STEM; (3) prinsip augmented reality; (4) soal melatih kemampuan berpikir kritis. Hal tersebut dapat ditinjau dari hasil angket keterbacaan siswa yang dikategorikan sangat baik dengan persentase rata-rata sebesar 95,90%. Hasil penelitian juga menunjukkan bahwa E-LKPD berbasis EtnoSTEM berbantuan augmented reality ini valid setelah dilakukan uji validasi oleh 5 ahli materi dan ahli media. Berdasarkan hasil validasi didapatkan nilai Aiken’s V rata-rata sebesar 0,91. Berdasarkan hasil tersebut dapat disimpulkan bahwa ELKPD yang dikembangkan valid dan dapat melatih kemampuan berpikir kritis siswa

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: E-LKPD, Etno-STEM, Augmented Reality, Kemampuan Berpikir Kritis
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
L Education > LB Theory and practice of education > Learning Process
Fakultas: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Ilmu Pengetahuan Alam, S1
Depositing User: TUKP unnes
Date Deposited: 29 Jan 2024 02:41
Last Modified: 29 Jan 2024 02:41
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/61565

Actions (login required)

View Item View Item