PENGARUH NEUROTISISME TERHADAP PROKRASTINASI AKADEMIK MELALUI REGULASI EMOSI DAN BOREDOM PADA SISWA SMAN SE-KECAMATAN TEBING TINGGI SUMATERA SELATAN (Implimentasinya Dengan Bimbingan dan Konseling)
TRI SINTA S, 0106520038 (2022) PENGARUH NEUROTISISME TERHADAP PROKRASTINASI AKADEMIK MELALUI REGULASI EMOSI DAN BOREDOM PADA SISWA SMAN SE-KECAMATAN TEBING TINGGI SUMATERA SELATAN (Implimentasinya Dengan Bimbingan dan Konseling). Masters thesis, Universitas Negeri Semarang.
PDF (Thesis)
Restricted to Repository staff only Download (4MB) | Request a copy |
Abstract
Prokrastinasi akademik dapat menghambat siswa untuk berprestasi. Mengacu pada temuan-temuan terdahulu neuroticism, regulasi emosi dan boredom memberikan efek terhadap prokrastinasi akademik siswa. Adapun tujuan dari penelitian ini: 1) mengidentifikasi neuroticism pengaruh terhadap regulasi emosi, 2) mengidentifikasi pengaruh regulasi emosi terhadap boredom, 3) mengidentifikasi pengaruh boredom terhadap prokrastinasi akademik, 4) mengidentifikasi pengaruh neuroticism terhadap boredom, 5) mengidentifikasi pengaruh regulasi emosi terhadap prokrastinasi akademik ,6) mengidentifikasi pengaruh neuroticism, terhadap prokrastinasi akademik,7) mengidentifikasi pengaruh neuroticism, terhadap prokrastinasi akademik melalui regulasi emosi, 8) mengidentifikasi pengaruh neuroticism, terhadap prokrastinasi akademik melalui boredom, 9) mengidentifikasi pengaruh neuroticism, terhadap prokrastinasi akademik melalui regulasi emosi dan boredom. Sampel penelitian berjumlah 300 siswa. Metode penelitian kuantitatif, jenis penelitian korelasional eksplanatori, teknik analisis data menggunakan regression based path- analytic framework, untuk menguji efek mediasi digunakan proses dari Hayes. Penelitian dilakukan dengan cara mendistribusikan instrumen penelitian melalui penyebaran instrumen kepada sampel di sekolah . Hasil penelitian menunjukkan, terdapat pengaruh positif neuroticism terhadap regulasi emosi, terdapat pengaruh negatif regulasi emosi terhadap boredom, terdapat pengaruh positif boredom terhadap prokrastinasi akademik, terdapat pengaruh positif neuroticism terhadap boredom, terdapat pengaruh negatif regulasi emosi terhadap prokrastinasi akademik, terdapat pengaruh negatif neuroticism terhadap prokrastinasi akademik. Hasil analisis mediasi menunjukkan terdapat efek tidak langsung antara neuroticism terhadap prokrastinasi akademik melalui regulasi emosi, menunjukkan terdapat efek tidak langsung antara neuroticism terhadap prokrastinasi akademik melalui boredom, dan terdapat terdapat efek tidak langsung antara neuroticism terhadap prokrastinasi akademik melalui regulasi emosi dan boredom. Implikasi dari penelitian ini menyarankan pentingnya menurunkan neuroticism, boredom dan prokrastinasi akademik guna meningkatkan regulasi emosi.
Item Type: | Thesis (Masters) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | neurotisisme, prokrastinasi akademik, regulasi emosi, boredom, bimbingan dan konseling |
Subjects: | L Education > L Education (General) > school environment |
Fakultas: | Pasca Sarjana > Bimbingan dan Konseling, S2 |
Depositing User: | TUKP unnes |
Date Deposited: | 17 Jan 2024 07:18 |
Last Modified: | 17 Jan 2024 07:18 |
URI: | http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/61404 |
Actions (login required)
View Item |