HUBUNGAN PERFEKSIONISME DAN REGULASI DIRI DENGAN KEJENUHAN BELAJAR SISWA IMPLIKASINYA PADA BIMBINGAN KONSELING


JULIKA MUTIARA RAHMA NANDA, 0106520039 (2022) HUBUNGAN PERFEKSIONISME DAN REGULASI DIRI DENGAN KEJENUHAN BELAJAR SISWA IMPLIKASINYA PADA BIMBINGAN KONSELING. Masters thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of Thesis] PDF (Thesis)
Restricted to Repository staff only

Download (4MB) | Request a copy

Abstract

Kejenuhan belajar merupakan permasalahan yang dialami oleh mayoritas siswa dalam lingkungan akademis. Penelitian ini bertujuan untuk mengidentifikasi dan menganalisis hubungan antara perfeksionisme dan regulasi diri terhadap kejenuhan belajar. Subjek dalam penelitian ini adalah siswa Sekolah Menengah Atas Negeri se-Kecamatan Sungai Lilin sebanyak 300 orang yang dipilih menggunakan Cluster Random Sampling. Data penelitian diambil menggunakan instrumen School Burnout Inventory (SBI), Self Regulation Questionnaire Academic (SRQ-A), dan Frost Multidimensional Perfectionism Scale (FMPS) yang dimodifikasi ke dalam bahasa Indonesia dengan koefisien alpha masing-masing sebesar 0.84, 0.95, dan 0.97. Teknik analisis data menggunakan analisis regresi hierarki. Hasil penelitian menunjukkan hubungan antara perfeksionisme dan regulasi diri dengan kejenuhan belajar (R=.764, p <.01). Adanya hubungan antara perfeksionisme dengan kejenuhan belajar (R = .569 p < .01). Dan adanya hubungan antara regulasi diri dengan kejenuhan belajar (R= .204, p = <.01). Kesimpulan hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat hubungan antara perfeksionisme dengan kejenuhan belajar. Dan terdapat hubungan antara regulasi diri dengan kejenuhan belajar. Serta, terdapat hubungan antara perfeksionisme, regulasi diri dengan kejenuhan belajar.

Item Type: Thesis (Masters)
Uncontrolled Keywords: perfeksionisme, regulasi diri, kejenuhan belajar
Subjects: L Education > L Education (General) > school environment
Fakultas: Pasca Sarjana > Bimbingan dan Konseling, S2
Depositing User: TUKP unnes
Date Deposited: 17 Jan 2024 06:56
Last Modified: 17 Jan 2024 06:56
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/61401

Actions (login required)

View Item View Item