ANALISIS KEMAMPUAN PEMAHAMAN MATEMATIS DITINJAU DARI MINAT BELAJAR SISWA PADA PROBLEMBASED LEARNING BERBANTUAN QUIZIZZ


Dwi Junia Astuti, 4101418014 (2023) ANALISIS KEMAMPUAN PEMAHAMAN MATEMATIS DITINJAU DARI MINAT BELAJAR SISWA PADA PROBLEMBASED LEARNING BERBANTUAN QUIZIZZ. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of Skripsi] PDF (Skripsi)
Restricted to Repository staff only

Download (11MB) | Request a copy

Abstract

Kemampuan pemahaman matematis merupakan salah satu kemampuan yang harus dimiliki oleh siswa pada proses pembelajaran matematika. Salah satu model pembelajaran untuk menunjang kemampuan pemahaman matematis yaitu problembased learning. Rendahnya kemampuan pemahaman matematis berdampak pada kurangnya minat belajar siswa. Tujuan dari penelitian ini berupa: (1) mengetahui apakah kemampuan pemahaman matematis siswa dengan problem-based learning berbantuan Quizizz dapat mencapai ketuntasan klasikal; (2) mengetahui apakah kemampuan pemahaman matematis siswa dengan problem-based learning berbantuan Quizizz lebih baik daripada kemampuan pemahaman matematis siswa dengan problem-based learning; dan (3) mendeskripsikan kemampuan pemahaman matematis ditinjau dari minat belajar siswa dengan penerapan problem-based learning berbantuan Quizizz. Penelitian ini memilih penelitian mixed method dengan desain sequential explanatory. Sampel penelitian ini adalah siswa kelas VIII SMPN 26 semarang dengan subjek penelitian diambil 6 siswa dari kelas tersebut untuk dilakukan wawancara. Analisis data kuantitatif menggunakan uji normalitas, uji homogenitas, uji kesamaan dua rata-rata, uji hipotesi 1 (menguji ketuntasan klasikal) dan uji hipotesis 2 (menguji beda rata-rata). Analisis data kualitatif dilakukan dengan langkah-langkah reduksi data, penyajian data, dan kesimpulan. Instrument yang digunakan pada penelitian ini adalah tes kemampuan pemahaman matematis, pedoman wawancara, dan kuesioner minat belajar. Hasil penelitian menunjukan bahwa (1) kemampuan pemahaman matematis siswa dengan problembased learning berbantuan Quizizz dapat mencapai ketuntasan klasikal; (2) kemampuan pemahaman matematis siswa dengan problem-based learning berbantuan Quizizz lebih baik daripada kemampuan pemahaman matematis siswa dengan problem-based learning; dan (3) siswa dengan minat belajar kategori tinggi mampu memenuhi kelima indikator kemampuan pemahaman matematis, siswa dengan minat belajar kategori sedang kurang teliti dalam menjawab permasalahan dan tidak melakukan pengecekan ulang sehingga kurang tepat dalam menuliskan jawaban, dan siswa dengan minat belajar kategori rendah cenderung menulis jawaban secara langsung tanpa menjelaskan dan tidak menjawab pertanyaan dari permasalahan yang diberikan, sehingga memberikan jawaban yang tidak tepat atau tidak dikerjakan. Hal ini dinilai kurang dalam kemampuan pemahaman matematis dikarenakan ada beberapa indikator yang kurang memenuhi.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: kemampuan pemahaman matematis, minat belajar siswa, ProblemBased Learning, quizizz.
Subjects: Q Science > QA Mathematics
Q Science > QA Mathematics > Mathematics Education
Fakultas: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Matematika, S1
Depositing User: Setyarini UPT Perpus
Date Deposited: 17 Jan 2024 03:43
Last Modified: 17 Jan 2024 03:43
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/61373

Actions (login required)

View Item View Item