KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH MATEMATIS SISWA PADA PEMBELAJARAN MODEL ELICITING ACTIVITIES BERBANTUAN KARTU MASALAH DITINJAU DARI RASA PERCAYA DIRI


Ismiyyatin Nu’ma, 4101418102 (2023) KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH MATEMATIS SISWA PADA PEMBELAJARAN MODEL ELICITING ACTIVITIES BERBANTUAN KARTU MASALAH DITINJAU DARI RASA PERCAYA DIRI. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of Skripsi] PDF (Skripsi)
Restricted to Repository staff only

Download (16MB) | Request a copy

Abstract

Kemampuan pemecahan masalah matematis bagian penting yang perlu dikembangkan dalam diri siswa dan harus dimiliki dalam pembelajaran matematika. Upaya untuk memperbaiki kemampuan pemecahan masalah matematis dengan menerapkan model pembelajaran yang tepat salah satunya menggunakan pembelajaran Model Eliciting Activities (MEAs). Tujuan penelitian ini yaitu (1) mengetahui kemampuan pemecahan masalah matematis siswa pada pembelajaran MEAs berbantuan kartu masalah mencapai ketuntasan klasikal, (2) mengetahui rata-rata kemampuan pemecahan masalah matematis siswa pada pembelajaran MEAs berbantuan kartu masalah lebih baik daripada model pembelajaran PBL, (3) mengetahui pengaruh rasa percaya diri terhadap kemampuan pemecahan masalah matematis siswa pada pembelajaran MEAs berbantuan kartu masalah, (4) mendeskripsikan kemampuan pemecahan masalah matematis siswa pada pembelajaran MEAs berbantuan kartu masalah ditinjau dari rasa percaya diri. Penelitian ini merupakan penelitian mix methods dengan sequential explanatory. Populasi penelitian ini adalah siswa kelas VIII SMP NU Putri Nawa Kartika. Sampel dalam penelitian ini diambil dengan teknik simple random sampling yaitu kelas VIII B (kelas eksperimen) dan kelas VIII C (kelas kontrol). Terdapat 6 subjek penelitian yang diambil pada kelas eksperimen yaitu 2 siswa rasa percaya diri tinggi, 2 siswa rasa percaya diri sedang, dan 2 siswa rasa percaya diri rendah. Hasil penelitan yang diperoleh adalah kemampuan pemecahan masalah matematis pada pembelajaran MEAs berbantuan kartu masalah mencapai ketuntasan belajar secara klasikal, rata-rata kemampuan pemecahan masalah matematis pada pembelajaran MEAs berbantuan kartu masalah lebih baik daripada model pembelajaran PBL, rasa percaya diri berpengaruh positif terhadap kemampuan pemecahan masalah matematis siswa pada pembelajaran MEAs berbantuan kartu masalah. Deskripsi kemampuan pemecahan masalah matematis pada dua subjek penelitian dengan rasa percaya diri tinggi memiliki kemampuan pemecahan masalah matematis yang baik. Dua subjek penelitian dengan rasa percaya diri sedang memiliki kemampuan pemecahan masalah matematis cukup baik. Dua subjek penelitian dengan rasa percaya diri rendah memiliki kemampuan pemecahan masalah matematis kurang baik.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Pemecahan Masalah, MEAs, Kartu Masalah, Percaya Diri
Subjects: Q Science > QA Mathematics > Mathematics Education
Fakultas: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Matematika, S1
Depositing User: Setyarini UPT Perpus
Date Deposited: 08 Jan 2024 08:25
Last Modified: 08 Jan 2024 08:25
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/60909

Actions (login required)

View Item View Item