KEEFEKTIFAN KONSELING KELOMPOK PENDEKATAN BEHAVIOR TEKNIK SELF MANAGEMENT DAN TOKEN ECONOMY UNTUK MENGURANGI PROKRASTINASI AKADEMIK PADA PESERTA DIDIK SMA NEGERI 12 SEMARANG


Bayu Aji Dwi Apriatmoko, 0106520023 (2023) KEEFEKTIFAN KONSELING KELOMPOK PENDEKATAN BEHAVIOR TEKNIK SELF MANAGEMENT DAN TOKEN ECONOMY UNTUK MENGURANGI PROKRASTINASI AKADEMIK PADA PESERTA DIDIK SMA NEGERI 12 SEMARANG. Masters thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of Tesis] PDF (Tesis)
Restricted to Repository staff only

Download (27MB) | Request a copy

Abstract

Prokrastinasi akademik adalah perilaku sengaja terkait penundaan terhadap tugas atau kegiatan sekolah, dimana hal tersebut tentunya dapat berdampak negatif bagi peserta didik, salah satu dampak negatifnya ialah prestasi akademik peserta didik yang menurun. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menguji keefektifan konseling kelompok pendekatan behavior teknik self management dan teknik token economy untuk mengurangi prokrastinasi akademik pada peserta didik SMA Negeri 12 Semarang. Selanjutnya akan dilakukan analisis apakah terdapat perbedaan tingkat keefektifan dari masing-masing teknik. Penelitian ini menggunakan desain eksperimen randomized pretest-posttest comparison group design. Melibatkan subjek sebanyak 14 peserta didik kelas XI yang dipilih secara purposive sampling dari total populasi 429 peserta didik. Subjek dibagi menjadi 2 kelompok yang masing-masing diberikan perlakuan teknik self management selama 4 sesi dan teknik token economy selama 4 sesi. Instrumen utama yang digunakan adalah skala prokrastinasi akademik dengan nilai rxy = 0,305 - 0,579 dan koefisien alpha cronbach sebesar 0,831. Hasil penelitian menunjukkan bahwasannya teknik self management dan teknik token economy efektif untuk mengurangi prokrastinasi akademik pada peserta didik SMA Negeri 12 Semarang. Masing-masing teknik memberikan tingkat keefektifan yang sama, sehingga tidak terdapat perbedaan tingkat keefektifan teknik self management dan teknik token economy dalam mengurangi prokrastinasi akademik pada peserta didik SMA Negeri 12 Semarang.

Item Type: Thesis (Masters)
Uncontrolled Keywords: prokrastinasi akademik, konseling kelompok pendekatan behavior, self management, token economy
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > Learning Method
Fakultas: Pasca Sarjana > Bimbingan dan Konseling, S2
Depositing User: Setyarini UPT Perpus
Date Deposited: 08 Jan 2024 03:29
Last Modified: 08 Jan 2024 03:29
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/60864

Actions (login required)

View Item View Item