Effectiveness of Learning Speaking Skills in Procedure Texts Using Impromptu and Extemporaneous Presentation Methods Assisted by Track Media Based on the Creativity Level of Class VI Students


Tono, 0103522026 (2023) Effectiveness of Learning Speaking Skills in Procedure Texts Using Impromptu and Extemporaneous Presentation Methods Assisted by Track Media Based on the Creativity Level of Class VI Students. Masters thesis, UNNES.

[thumbnail of Cover sampai Daftar Isi.pdf] PDF
Download (261kB)
[thumbnail of Cover sampai Daftar Isi.pdf] PDF - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (261kB)
[thumbnail of Tesis Lengkap.pdf] PDF - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (15MB)
[thumbnail of Artikel Publikasi.pdf] PDF - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (212kB)

Abstract

Pembelajaran keterampilan berbicara seharusnya dilaksanakan sesuai dengan tujuan yang diharapkan dengan diimbangi tersedianya sarana prasarana serta dilaksanakan melalui penggunaan berbagai strategi, metode, dan media pembelajaran yang mampu membuat siswa aktif, berpikir kreatif, serta menantang. Permasalahan yang perlu dipecahkan yaitu tentang pembelajaran keterampilan berbicara yang selama ini dilaksanakan di sekolah masih menggunakan metode konvensional. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis keefektifan pembelajaran keterampilan berbicara teks prosedur menggunakan metode presentasi impromptu dan ekstemporan berbantuan media lintasan berdasarkan tingkat kreativitas siswa kelas VI, serta menganalisis perbedaan keefektifan penggunaan kedua metode pembelajaran tersebut. Penelitian ini menggunakan jenis metode penelitian eksperimen. Desain yang digunakan desain quasi exsperiment dan dianalisis dengan menggunakan analisis statistik SPSS versi 23 for windows. Terdapat tiga variabel yaitu variabel dependen (keterampilan berbicara), variabel independent (metode presentasi impromptu dan ekstemporan berbantuan media lintasan), dan variabel moderator (tingkat kreativitas). Sampelnya siswa kelas VI SDN 2 Mulyorejo dan SDN Kentong Kecamatan Cepu Kabupaten Blora Jawa Tengah. Hasil penelitian ini adalah (1) pembelajaran keterampilan berbicara teks prosedur menggunakan metode presentasi impromptu berbantuan media lintasan berdasarkan tingkat kreativitas siswa kelas VI terbukti efektif untuk pembelajaran keterampilan berbicara. Hal ini dibuktikan melalui Uji paired sampel t-test dengan nilai signifikansi 0,000 < 0,05 dan hasil uji one-way anova juga menunjukkan nilai signifikansi sebesar 0,000 < 0,05. (2) pembelajaran keterampilan berbicara teks prosedur menggunakan metode presentasi ekstemporan berbantuan media lintasan berdasarkan tingkat kreativitas siswa kelas VI terbukti efektif untuk pembelajaran keterampilan berbicara. Hal ini dibuktikan melalui Uji paired sampel t-test dengan nilai signifikansi 0,000 < 0,05 dan hasil uji one-way anova juga menunjukkan nilai signifikansi sebesar 0,000 < 0,05. (3) Keefektifan pembelajaran keterampilan berbicara teks prosedur menggunakan metode presentasi impromptu dan ekstemporan berbantuan media lintasan berdasarkan tingkat kreativitas siswa kelas VI dibuktikan melalui Uji paired sampel t-test menunjukkan nilai signifikansi sebesar 0,000 < 0,05, uji one-way anova memperoleh nilai signifikansi sebesar 0,000 < 0,05, dan Uji N-Gain kelas eksperimen 1 (impromptu) memperoleh 56 % keefektifannya, tergolong cukup efektif dan kelas eksperimen 2 (ekstemporan) memperoleh 63 % keefektifannya, tergolong cukup efektif juga. Berdasarkan keterampilan berbicara siswa dapat disimpulkan bahwa keefektifan pembelajaran keterampilan berbicara teks prosedur lebih efektif menggunakan metode presentasi ekstemporan karena terbukti dapat meningkatkan pembelajaran keterampilan berbicara siswa kelas VI lebih baik berdasarkan tingkat kreativitas.

Item Type: Thesis (Masters)
Uncontrolled Keywords: teks prosedur, metode pembelajaran, media lintasan, tingkat kreativitas.
Subjects: L Education > L Education (General)
Fakultas: Pasca Sarjana > Pendidikan Dasar, S2
Depositing User: S.Hum Maria Ayu
Date Deposited: 04 Jul 2024 08:21
Last Modified: 04 Jul 2024 08:21
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/60678

Actions (login required)

View Item View Item