Pengembangan Media Sistem Peredaran Darah Tubuh Manusia (Spedatua) Berbasis Articulate Storyline untuk Meningkatkan Keterampilan Berpikir Kritis, Mandiri, dan Hasil Belajar Siswa SD Kota Semarang


Elsa Arni Rahmadhani, 0103521024 (2023) Pengembangan Media Sistem Peredaran Darah Tubuh Manusia (Spedatua) Berbasis Articulate Storyline untuk Meningkatkan Keterampilan Berpikir Kritis, Mandiri, dan Hasil Belajar Siswa SD Kota Semarang. Masters thesis, UNNES.

[thumbnail of Cover- daftar isi.pdf] PDF - Published Version
Download (569kB)
[thumbnail of TESIS ELSA PDF.pdf] PDF - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (10MB) | Request a copy
[thumbnail of Artikel Elsa Arni Rahmadhani_0103521024.pdf] PDF - Published Version
Download (264kB)
[thumbnail of sertifikat_HYBRID LEARNING GEN Z.pdf] PDF - Published Version
Download (2MB)

Abstract

Elsa Arni Rahmadhani. 2023. “Pengembangan Media Sistem Peredaran Darah Tubuh Manusia (Spedatua) Berbasis Articulate Storyline untuk Meningkatkan Keterampilan Berpikir Kritis, Mandiri, dan Hasil Belajar Siswa SD Kota Semarang”. Tesis. Program Studi Pendidikan Dasar. Pascasarjana. Universitas Negeri Semarang. Pembimbing I Prof. Dr. Putut Marwoto, M.Si., Pembimbing II Prof. Sri Wardani, M.Si. Berdasarkan data pra-penelitian yang dilaksanakan di SD SD Negeri Cangkiran 02 guru masih berpedoman pada media fisik yang baku seperti buku guru dan buku siswa, guru belum memiliki pengembangan media pembelajaran interaktif yang dapat menunjang ketercapaian tujuan pembelajaran ditemukan pada kelas V SD Negeri Cangkiran 02, dari jumlah total 28 siswa di kelas V ditinjau dari nilai ulangan harian terdapat 15 siswa (53.57%) mendapat nilai di bawah KKM, sedangkan 13 (46.43%) memenuhi KKM. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengkaji cara mengambangkan, menguji kelayakan, menguji keefektifan media Spedatua berbasis articulate storyline. Jenis penelitian ini adalah pengembangan Research and Development (R&D). Menurut Sugiyono (2105: 407), dalam penelitian ini hanya melakukan dengan 8 langkah yaitu: (1) potensi dan masalah; (2) pengumpulan data; (3) desain produk; 4) validasi desain; (5) revisi desain; (6) uji coba produk; (7) revisi produk; (8) uji coba pemakaian. Populasi penelitian ini adalah seluruh siswa kelas kelas V SD Negeri Cangkiran 02 sejumlah 28 siswa. Teknik pengumpulan data yang digunakan yakni tes, angket, observasi, wawancara dan dokumentasi. Teknik analisis data menggunakan analisis data produk, analisis data awal dan analisis data akhir. Simpulan hasil penelitian menunjukan bahwa pengembangan media Sistem Peredaran Darah Tubuh Manusia (Spedatua) berbasis articulate storyline materi sistem peredaran darah tubuh manusia sangat layak digunakan dengan persentase kelayakan penyajian oleh ahli media sebesar 89%, kelayakan isi oleh ahli materi sebesar 91,6%, dan ahli Bahasa 86,6%. Media ini juga efektif digunakan dibuktikan dengan hasil uji perbedaan rata-rata menggunakan uji t dengan didapati nilai signifikan 0,00<0,05 sehingga terdapat perbedaan signifikan antara hasil belajar pretest dan posttest dengan rata rata pretest 47,5 dan posttest 80,7 perbedaan sejumlah 303,2%. Peningkatan rata-rata (N-gain) data pretest dan posttest diperoleh sebesar 0,638 dengan kriteria sedang dan taraf efektivitas cukup efektif. Kata Kunci: pengembangan media pembelajaran, system peredaran darah, articulate storyline, pembelajaran ipa, hasil belajar, berpikir kritis, mandiri.

Item Type: Thesis (Masters)
Uncontrolled Keywords: pengembangan media pembelajaran, system peredaran darah, articulate storyline, pembelajaran ipa, hasil belajar, berpikir kritis, mandiri
Subjects: L Education > L Education (General) > Development of Learning Media
Fakultas: Pasca Sarjana > Pendidikan Dasar, S2
Depositing User: Mahasiswa Pascasarjana UNNES
Date Deposited: 22 Nov 2023 03:08
Last Modified: 22 Nov 2023 03:08
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/60653

Actions (login required)

View Item View Item