Pengembangan E-Story Book Interaktif Berkonten Toleransi untuk Pendidikan Anak Usia Dini


Elfrida Eriyani Afif, 0108521035 (2023) Pengembangan E-Story Book Interaktif Berkonten Toleransi untuk Pendidikan Anak Usia Dini. Masters thesis, UNNES.

[thumbnail of Cover sampai Daftar Isi.pdf] PDF - Published Version
Download (1MB)
[thumbnail of 0108521035_ELFRIDA ERIYANI AFIF (Tesis full).pdf] PDF - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (6MB) | Request a copy
[thumbnail of ARTIKEL TESIS.pdf] PDF - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (374kB) | Request a copy
[thumbnail of 5594 Elfrida Eriyani Afif1, Farid Ahmadi2, Deni Setiawan3.pdf] PDF - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (308kB) | Request a copy

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan E-story Book interaktif yang berfokus pada konten toleransi untuk pendidikan anak usia dini. Dalam era digital, pendidikan anak usia dini membutuhkan pendekatan yang inovatif dan menarik untuk membantu anak-anak memahami konsep toleransi, yang merupakan nilai fundamental dalam masyarakat multikultural. Melalui pengembangan E-story Book ini, kami menggabungkan teknologi digital dan pendidikan untuk menciptakan alat yang menyenangkan dan interaktif bagi anak-anak. Penelitian ini menggunakan metode Research and Development (R&D) dengan mengadaptasi model ADDIE. Populasi penelitian ini adalah guru TK Muslimat Nurul Ulum Kreyo. Pengumpulan data terdiri dari dua jenis, yaitu angket kebutuhan guru dan uji validasi ahli. Hasil analisis kebutuhan guru menunjukkan bahwa, guru memerlukan E-Story Book Interaktif berkonten toleransi untuk pendidikan anak usia dini. Berdasarkan penilaian ahli materi, naskah cerita berkaitan dengan toleransi antar suku dengan nilai 88.6% (sangat layak). Sedangkan penilaian ahli media, mendapatkan 82,3% (sangat layak). Hasil penelitian ini diharapkan dapat memberikan kontribusi positif dalam upaya meningkatkan pemahaman anak-anak tentang toleransi, mengajarkan mereka nilai-nilai inklusi, penghormatan terhadap perbedaan, dan kemampuan berinteraksi secara positif dalam masyarakat yang beragam. Penelitian ini menggambarkan langkah-langkah dalam pengembangan E-story Book interaktif dengan fokus pada konten toleransi, yang memiliki potensi besar dalam membentuk generasi masa depan yang lebih toleran dan inklusif. Peneliti selanjutnya disarankan dapat mendayagunakan E-Story Book interaktif berkonten toleransi dalam uji coba lapangan.

Item Type: Thesis (Masters)
Uncontrolled Keywords: E-Story Book Interaktif, Toleransi, Teknologi Digital
Subjects: L Education > L Education (General) > Development of Learning Media
Fakultas: Pasca Sarjana > Pendidikan Anak Usia Dini, S2
Depositing User: Mahasiswa Pascasarjana UNNES
Date Deposited: 22 Nov 2023 03:15
Last Modified: 22 Nov 2023 03:15
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/60650

Actions (login required)

View Item View Item