Pengembangan E-Story Book Interaktif Berkonten Toleransi untuk Pendidikan Anak Usia Dini
Elfrida Eriyani Afif, 0108521035 (2023) Pengembangan E-Story Book Interaktif Berkonten Toleransi untuk Pendidikan Anak Usia Dini. Masters thesis, UNNES.
PDF
- Published Version
Download (1MB) |
|
PDF
- Published Version
Restricted to Repository staff only Download (6MB) | Request a copy |
|
PDF
- Published Version
Restricted to Repository staff only Download (374kB) | Request a copy |
|
PDF
- Published Version
Restricted to Repository staff only Download (308kB) | Request a copy |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan E-story Book interaktif yang berfokus pada konten toleransi untuk pendidikan anak usia dini. Dalam era digital, pendidikan anak usia dini membutuhkan pendekatan yang inovatif dan menarik untuk membantu anak-anak memahami konsep toleransi, yang merupakan nilai fundamental dalam masyarakat multikultural. Melalui pengembangan E-story Book ini, kami menggabungkan teknologi digital dan pendidikan untuk menciptakan alat yang menyenangkan dan interaktif bagi anak-anak. Penelitian ini menggunakan metode Research and Development (R&D) dengan mengadaptasi model ADDIE. Populasi penelitian ini adalah guru TK Muslimat Nurul Ulum Kreyo. Pengumpulan data terdiri dari dua jenis, yaitu angket kebutuhan guru dan uji validasi ahli. Hasil analisis kebutuhan guru menunjukkan bahwa, guru memerlukan E-Story Book Interaktif berkonten toleransi untuk pendidikan anak usia dini. Berdasarkan penilaian ahli materi, naskah cerita berkaitan dengan toleransi antar suku dengan nilai 88.6% (sangat layak). Sedangkan penilaian ahli media, mendapatkan 82,3% (sangat layak). Hasil penelitian ini diharapkan dapat memberikan kontribusi positif dalam upaya meningkatkan pemahaman anak-anak tentang toleransi, mengajarkan mereka nilai-nilai inklusi, penghormatan terhadap perbedaan, dan kemampuan berinteraksi secara positif dalam masyarakat yang beragam. Penelitian ini menggambarkan langkah-langkah dalam pengembangan E-story Book interaktif dengan fokus pada konten toleransi, yang memiliki potensi besar dalam membentuk generasi masa depan yang lebih toleran dan inklusif. Peneliti selanjutnya disarankan dapat mendayagunakan E-Story Book interaktif berkonten toleransi dalam uji coba lapangan.
Item Type: | Thesis (Masters) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | E-Story Book Interaktif, Toleransi, Teknologi Digital |
Subjects: | L Education > L Education (General) > Development of Learning Media |
Fakultas: | Pasca Sarjana > Pendidikan Anak Usia Dini, S2 |
Depositing User: | S.Hum Maria Ayu |
Date Deposited: | 22 Nov 2023 03:15 |
Last Modified: | 04 Jul 2024 04:24 |
URI: | http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/60650 |
Actions (login required)
View Item |