KEMAMPUAN KOMUNIKASI MATEMATIS SISWA KELAS VII DITINJAU DARI GAYA BELAJAR PADA PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNING BERBANTUAN GEOGEBRA


Amanda Choirotunnisa', 0401519029 (2023) KEMAMPUAN KOMUNIKASI MATEMATIS SISWA KELAS VII DITINJAU DARI GAYA BELAJAR PADA PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNING BERBANTUAN GEOGEBRA. Masters thesis, UNNES.

[thumbnail of Cover-Dapus.pdf] PDF - Published Version
Download (384kB)
[thumbnail of 0401519029_Amanda Choirotunnisa'.pdf] PDF - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (7MB) | Request a copy
[thumbnail of SK Pembimbing.pdf] PDF - Published Version
Download (235kB)
[thumbnail of Undangan Ujian.pdf] PDF - Published Version
Download (1MB)
[thumbnail of Nota buku.pdf] PDF - Published Version
Download (122kB)
[thumbnail of Jurnal.pdf] PDF - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (533kB) | Request a copy

Abstract

Choirotunnisa’, Amanda. 2023. Kemampuan Komunikasi Matematis Siswa Kelas VII ditinjau dari Gaya Belajar Pada Pembelajaran Problem Based Learning Berbantuan Geogebra. Tesis. Program Studi Pendidikan Matematika. Program Pascasarjana Universitas Negeri Semarang. Pembimbing I Dr. Isnarto, M.Si., Pembimbing II Dr. Rochmad, M.Si. Kata Kunci: Komunikasi Matematis, Gaya Belajar Kolb, Model Problem Based Learning, Geogebra Pembelajaran matematika saat ini mencakup lima kemampuan matematis, di antaranya adalah kemampuan koneksi (connections), kemampuan penalaran (reasoning), kemampuan komunikasi (communications), kemampuan pemecahan masalah (problem solving), dan kemampuan representasi (representations). Kemampuan komunikasi matematis merupakan salah satu kompetensi yang dianggap penting dan harus dikuasai oleh seluruh siswa. Gaya belajar siswa dapat mempengaruhi tingkat kemampuan komunikasi matematis siswa. Model pembelajaran yang mendukung dalam peningkatan kemampuan komunikasi matematis siswa salah satunya adalah model Problem Based Learning dengan bantuan software Geogebra. Penelitian ini bertujuan untuk (1) mengetahui kualitas pembelajaran dengan model Problem Based Learning berbantuan Geogebra dalam meningkatkan kemampuan komunikasi matematis siswa, dan (2) mendeskripsikan kemampuan komunikasi matematis sisa ditinjau dari gaya belajar pada pembelajaran model Problem Based Learning berbantuan Geogebra. Metode penelitian ini adalah metode mixed method dengan model sequential explanatory. Penelitian ini dilaksanakan di MTs Tahfidh Putri Yanbu’ul Qur’an 2 Muria Kudus dengan sampel penelitian kelas VII A sebagai kelas eksperimen dan kelas VII C sebagai kelas kontrol. Subjek penelitian kualitatif ditentukan berdasarkan tipe gaya belajar dari David Kolb. Teknik analisis data kuantitatif menggunakan uji t dan uji z, sedangkan untuk analisis data kualitatif menggunakan uji keabsahan data, reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Berdasarkan hasil penelitian diperoleh informasi bahwa pembelajaran berkualitas dengan perangkat pembelajaran dan instrumen penelitian dengan kategori baik dan keterlaksanaan pembelajaran dengan kategori sangat baik. Penilaian hasil pembelajaran dengan model Problem Based Learning berbatuan Geogebra lebih dari batas tuntas aktual 65, tuntas klasikal >75%, rata-rata kemampuan komunikasi matematis siswa dan proporsi ketuntasan siswa pada kelas eksperimen lebih tinggi daripada kelas kontrol, dan terjadi peningkatan kemampuan komunikasi matematis pada kelas eksperimen. Siswa pada tipe gaya belajar diverger dan assimilator hanya menguasai dua indikator kemampuan komunikasi matematis siswa. Sedangkan pada tipe gaya belajar converger dapat menyelesaikan ketiga indikator dengan baik, berbeda dengan tipe gaya belajar accomodator yang hanya dapat menyelesaikan satu indikator kemampuan komunikasi matematis siswa.

Item Type: Thesis (Masters)
Uncontrolled Keywords: Komunikasi Matematis, Gaya Belajar Kolb, Model Problem Based Learning, Geogebra
Subjects: L Education > Educational Institutions
Fakultas: Pasca Sarjana > Pendidikan Matematika, S2
Depositing User: Mahasiswa FMIPA
Date Deposited: 03 Nov 2023 02:46
Last Modified: 03 Nov 2023 02:46
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/60587

Actions (login required)

View Item View Item