Pengembangan E-modul Discovery Learning Terintegrasi Etnosains Pada Materi Hidrolisis Garam Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Peserta Didik


Devi Vianisa Ulivia, 4301419044 (2023) Pengembangan E-modul Discovery Learning Terintegrasi Etnosains Pada Materi Hidrolisis Garam Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Peserta Didik. Under Graduates thesis, UNNES.

[thumbnail of Cover Sampai Daftar Isi] PDF (Cover Sampai Daftar Isi) - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (276kB) | Request a copy
[thumbnail of Skripsi Full] PDF (Skripsi Full) - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (12MB) | Request a copy
[thumbnail of SK Pembimbing] PDF (SK Pembimbing) - Published Version
Download (200kB)
[thumbnail of Surat Undangan Ujian] PDF (Surat Undangan Ujian) - Published Version
Download (178kB)
[thumbnail of Bukti Pembelian Buku] PDF (Bukti Pembelian Buku) - Published Version
Download (63kB)
[thumbnail of Artikel JIPK] PDF (Artikel JIPK) - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (325kB) | Request a copy

Abstract

Revolusi industri 4.0 merupakan era digitalisasi terutama pada bidang pendidikan sehingga dibutuhan suatu bahan ajar yang mampu menitikberatkan siswa dalam aktivitas belajar. Tujuan pada penelitian ini yaitu menghasilkan E-modul discovery learning terintegrasi etnosains yang memenuhi kriteria kelayakan dan efektif meningkatkan hasil belajar siswa serta memperoleh tanggapan positif dari siswa. Data diperoleh menggunakan teknik tes dan non-tes. Hasil validasi ahli materi dan media memperoleh skor 82 dari total skor 84 dengan persentase 97,70% kriteria “sangat layak”. Keefektifan didasarkan pada 3 aspek yaitu (1) Uji T Independent pada kelas eksperimen menunjukkan perbedaan signifikan nilai posttest sebesar 0,000<0,05 dibandingkan kelas kontrol, (2) N-gain kelas eksperimen menunjukkan bahwa pengaruh perlakukan pembelajaran dengan discovery learning terintegrasi etnosains pada materi hidrolisis garam cukup efektif dengan persentase 67,23%. Sedangkan perlakukan pembelajaran dengan discovery learning saja ternyata kurang efektif pada kelas kontrol untuk meningkatkan ketercapaian belajar siswa dengan persentase 50,91%, dan (3) Ketuntasan Klasikal sebesar 94,12 %. E-modul mendapatkan tanggapan sangat baik dari peserta didik dengan persentase sebesar 95,99%. Simpulan penelitian bahwa E-modul discovery learning terintegrsi etnosains layak dan efektif untuk meningkatkan hasil belajar peserta didik pada materi hidrolisis garam serta mendapatkan respon positif peserta didik.gunakan untuk menganalisis kompetensi minimum siswa.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: E-modul, Discovery Learning, Etnosains, Hidrolisis Garam
Subjects: L Education > L Education (General)
Fakultas: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Kimia, S1
Depositing User: Mahasiswa FMIPA
Date Deposited: 01 Nov 2023 02:51
Last Modified: 01 Nov 2023 02:51
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/60560

Actions (login required)

View Item View Item