Pengembangan E-LKPD Berbasis MIKiR Terintegrasi Nilai Sikap Keislaman Materi Teori Kinetik Gas
Eka Nurmaya, 0403521002 (2023) Pengembangan E-LKPD Berbasis MIKiR Terintegrasi Nilai Sikap Keislaman Materi Teori Kinetik Gas. Masters thesis, UNNES.
PDF
- Published Version
Restricted to Repository staff only Download (7MB) | Request a copy |
|
PDF
- Additional Metadata
Download (198kB) |
|
PDF
Download (235kB) |
|
PDF
Download (19kB) |
|
PDF
Restricted to Repository staff only Download (336kB) | Request a copy |
|
PDF
Download (339kB) |
Abstract
Literasi sains peserta didik dapat dilatihkan dengan pendekatan pembelajaran aktif dan mengintegrasikan nilai sikap keislaman. Pembelajaran berdiferensiasi dengan memperhatikan kecenderungan gaya belajar membantu peserta didik mencapai tujuan pembelajaran lebih optimal. Materi fisika Teori Kinetik Gas dianggap abstrak sehingga sulit dikuasai peserta didik. Penelitian ini mengembangkan media pembelajaran yang berfokus pada keaktifan peserta didik, pembelajaran berdiferensiasi pada materi teori kinetik gas yang diintegrasikan dengan nilai sikap keislaman. Media yang dikembangkan pada penelitian ini berupa e-LKPD Berbasis MIKiR Terintegrasi Nilai Keislaman Materi Teori Kinetik Gas menggunakan aplikasi flip PDF Profesional. Pendekatan MIKIR: Mengalami, Interaksi, Komunikasi, dan Refleksi dengan mengintegrasikan nilai sikap keislaman diterapkan dalam e-LKPD. Pembelajaran berdiferensiasi dilakukan dengan memberikan fasilitas berbeda untuk gaya belajar Auditori, Kinestetik, dan Visual. E-LKPD dianalisis kelayakannya dan diuji efektifitasnya terhadap peningkatan keaktifan belajar, literasi sains, dan nilai sikap keislaman peserta didik. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dengan pendekatan Research and Development melalui tahap Analysis, Design, Development, Implementation, dan Evaluation. Instrumen tes literasi sains digunakan untuk memperoleh data nilai pretest dan postest literasi sains. Instrumen non tes dalam bentuk quesioner dan lembar observasi digunakan untuk mengukur validitas e-LKPD, keaktifan belajar, dan nilai sikap keislaman peserta didik di kelas kontrol dan eksperimen. E-LKPD yang dikembangkan sangat layak digunakan baik dalam aspek kegrafikan, bahasa, isi, dan penyajian dengan nilai kelayakan rata-rata validasi ahli materi sebesar 87,40% dan ahli media sebesar 86,80%. Skor untuk respons pengguna peserta didik sebesar 68,90 dari skor maksimal sebesar 80,00 dalam kriteria efektif. Skor pengguna guru fisika sebesar 70,00 dari skor maksimal sebesar 80,00 dalam kriteria sangat praktis digunakan. Hasil uji paired t test terhadap keaktifan belajar diperoleh nilai ttest = 0,00 dan ttest < 0,05 sehingga e-LKPD efektif meningkatkan keaktifan belajar peserta didik. Peningkatan keaktifan belajar tiap kegiatan pembelajaran sebesar 18,92 %. Hasil uji N Gain terhadap nilai literasi sains sebesar 0,47 untuk kelas kontrol dan sebesar 0,59 untuk kelas eksperimen, keduanya dalam kategori sedang. Peningkatan literasi sains kelas eksperimen lebih tinggi dari kelas kontrol yakni 71,13% untuk kelas eksperimen dan 60,04% untuk kelas kontrol. Rata-rata nilai postest literasi sains kelompok gaya belajar Auditori 79,50, Kinestetik 82,71, dan Visual 79,95 dengan perbedaan yang tidak signifikan sesuai hasil uji ANOVA satu arah sebesar p= 0,415 dan p > 0,05. Hasil uji paired t test terhadap nilai sikap keislaman diperoleh nilai ttest = 0,10 dan ttest < 0,05 sehingga e-LKPD efektif meningkatkan nilai sikap keislaman. Jadi e-LKPD Berbasis MIKiR Terintegrasi Keislaman Materi Teori Kinetik Gas sangat layak digunakan dalam pembelajaran fisika berdiferensiasi materi teori kinetik gas. Pendekatan MIKiR terintegrasi keislaman yang dikembangkan dalam e-LKPD telah berhasil meningkatkan keaktifan belajar, literasi sains, dan nilai sikap keislaman peserta didik. Fasilitas berbeda sesuai kebutuhan gaya belajar Auditori, Kinestetik, dan Visual telah mampu meningkatkan literasi sains penggunanya.
Item Type: | Thesis (Masters) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | e-LKPD, MIKiR, Teori Kinetik Gas, keaktifan belajar, literasi sains, nilai keislaman, pembelajaran berdiferensiasi. |
Subjects: | L Education > L Education (General) > Development of Learning Media L Education > L Education (General) |
Fakultas: | Pasca Sarjana > Pendidikan Fisika, S2 |
Depositing User: | Mahasiswa FMIPA |
Date Deposited: | 31 Oct 2023 08:28 |
Last Modified: | 31 Oct 2023 08:28 |
URI: | http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/60514 |
Actions (login required)
View Item |