Pengembangan Media Gambar Berseri yang Berorientasi Profil Pelajar Pancasila Dimensi Bergotong Royong untuk Peningkatan Keterampilan Siswa Menulis Teks Narasi di Kelas Tinggi Sekolah Dasar


Dian Ratna Suryandari, 0103521065 (2023) Pengembangan Media Gambar Berseri yang Berorientasi Profil Pelajar Pancasila Dimensi Bergotong Royong untuk Peningkatan Keterampilan Siswa Menulis Teks Narasi di Kelas Tinggi Sekolah Dasar. Masters thesis, UNNES.

[thumbnail of COVER (1).pdf] PDF
Download (261kB)
[thumbnail of DOC-20231018-WA0010..pdf] PDF
Restricted to Repository staff only

Download (4MB) | Request a copy
[thumbnail of ARTIKEL_DIAN RATNA SURYANDARI.pdf] PDF
Download (218kB)

Abstract

ABSTRAK Suryandari, Dian Ratna. 2023. “Pengembangan Media Gambar Berseri yang Berorientasi Profil Pelajar Pancasila Dimensi Bergotong Royong untuk Peningkatan Keterampilan Siswa Menulis Teks Narasi di Kelas Tinggi Sekolah Dasar”. Tesis. Program Studi Pendidikan Dasar Pascasarjana. Universitas Negeri Semarang. Pembimbing I Dr. Wagiran, M.Hum., Pembimbing II Dr. Panca Dewi Purwati, M.Pd. Kata kunci: Media Gambar Berseri, Keterampilan Menulis, Teks Narasi. Latar belakang yang mendorong penelitian ini adalah guru di SD Negeri Jrahi 01, SD Negeri Jrahi 02, dan SD Negeri Giling 03 tidak menggunakan media pembelajaran untuk meningkatkan minat dari siswa, siswa tidak berperan aktif dalam pembelajaran hanya menyimak penjelasan dari guru, siswa kesulitan dalam menuangkan ide dan gagasan karena tidak adanya bahan ajar atau media yang mendukung kegiatan pembelajaran, siswa hanya diberikan latihan soal tanpa ada media seperti gambar yang akan dinarasikan untuk memicu munculnya ide, dan siswa masih sulit dalam membuat teks narasi dengan runtut. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah bagaimana kebutuhan, prototipe, kelayakan, dan keefektifan media gambar berseri. Penelitian ini bertujuan untuk mendefinisikan kebutuhan dan prototipe media gambar berseri serta mengetahui kelayakan dan keefektifan media gambar berseri. Jenis penelitian ini adalah RnD yang menggunakan model Borg & Gall. Pengumpulan data dilakukan melalui wawancara dan observasi di SD Negeri Jrahi 01, SD Negeri Jrahi 02, dan SD Negeri Giling 03 serta menggunakan angket. Penelitian ini dilaksanakan di kelas IV SD Negeri Jrahi 01. Hasil analisis data menunjukkan bahwa validasi materi memperoleh persentase 96% dengan kriteria sangat layak, validasi media memperoleh persentase 88% dengan kriteria sangat layak, di samping itu validasi ahli praktisi menunjukkan bahwa persentase skor total sebesar 96,7% dengan kriteria sangat layak digunakan. Hasil persentase kepraktisan didapatkan sebesar 96,7%, sehingga media gambar berseri termasuk dalam kategori sangat baik. Berdasarkan hasil perhitungan N-gain didapatkan sebesar 0,48 sehingga media gambar berseri masuk dalam kriteria sedang. Berdasarkan hal tersebut dapat disimpulkan bahwa media gambar berseri yang berorientasi profil pelajar Pancasila dimensi bergotong royong valid dan praktis digunakan untuk peningkatan keterampilan siswa menulis teks narasi. Hal ini dapat dibuktikan dengan adanya peningkatan nilai rata-rata siswa pada hasil uji pretest mendapatkan rata-rata nilai 67,6 dan pada uji posttest mendapatkan rata-rata nilai 83,2.

Item Type: Thesis (Masters)
Uncontrolled Keywords: Media Gambar Berseri, Keterampilan Menulis, Teks Narasi
Subjects: L Education > L Education (General) > Development of Learning Media
L Education > L Education (General)
Fakultas: Pasca Sarjana > Pendidikan Dasar, S2
Depositing User: Mahasiswa Pascasarjana UNNES
Date Deposited: 29 Oct 2023 19:15
Last Modified: 29 Oct 2023 19:15
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/60504

Actions (login required)

View Item View Item