Numerasi Ditinjau dari Self-Confidence Siswa pada Model Pembelajaran Problem Based Learning dengan Pendekatan STEM Berbantuan Prezi


Dwi Sri Lestari, 4101419061 (2023) Numerasi Ditinjau dari Self-Confidence Siswa pada Model Pembelajaran Problem Based Learning dengan Pendekatan STEM Berbantuan Prezi. Under Graduates thesis, UNNES.

[thumbnail of SKRIPSI_COVER-DAFTAR ISI.pdf] PDF - Published Version
Download (769kB)
[thumbnail of SKRIPSI_LENGKAP.pdf] PDF - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (39MB) | Request a copy
[thumbnail of SK PEMBIMBING_DWI SRI LESTARI.pdf] PDF - Published Version
Download (270kB)
[thumbnail of Surat Undangan Ujian_DWI SRI LESTARI.pdf] PDF - Published Version
Download (200kB)
[thumbnail of Bukti Pembelian Buku.pdf] PDF - Published Version
Download (96kB)
[thumbnail of ARTIKEL KREANO_DWI SRI LESTARI.pdf] PDF - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (787kB) | Request a copy

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah menguji pembelajaran model PBL pendekatan STEM berbantuan Prezi berkualitas meningkatkan numerasi siswa, menguji pengaruh self-confidence terhadap numerasi siswa pada pembelajaran model PBL pendekatan STEM berbantuan Prezi, mendeskripsikan numerasi sesuai dengan tingkatan kategori self-confidence pada model PBL pendekatan STEM berbantuan Prezi. Jenis penelitian ini ialah mixed method dengan desain concurrent embedded menggunakan true experimental design dan sampel diambil secara simple random sampling. Teknik analisis data kuantitatif yaitu kualitas pembelajaran, meliputi tahap perencanaan, pelaksanaan, dan evaluasi hasil pembelajaran, dengan menggunakan uji prasyarat (uji normalitas dan uji homogenitas), uji t, uji z, uji N-gain, dan uji regresi linear sederhana, sedangkan analisis data kualitatif melalui validasi, reduksi, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Subjek penelitian dipilih menggunakan teknik purposive sampling, didapatkan pada ketegori self-confidence tinggi 2 orang, self-confidence sedang 3 orang, dan self-confidence rendah 2 orang. Hasil dalam penelitian ini adalah (1) pembelajaran model PBL pendekatan STEM berbantuan Prezi berkualitas meningkatkan numerasi siswa yang memenuhi tahap perencanaan, tahap pelaksanaan dan tahap evaluasi, (2) self-confidence siswa berpengaruh terhadap numerasi siswa pada pembelajaran model PBL berpendekatan STEM berbantuan Prezi sebesar 47,6%, (3) siswa pada subjek self-confidence tinggi memenuhi kriteria baik pada tujuh komponen numerasi yaitu siswa mampu memahami dan menuliskan informasi yang ada pada soal, mampu menuliskan bentuk model matematika dari permasalahan serta menyelesaikan permasalahan, mampu meginterpretasikan berupa gambar dalam soal, mampu menyelesaiakan dengan penalaran yang logis dan mendapatkan kesimpulan yang beralasan, mampu menggunakan strategi untuk menyelesaiakan masalah, mampu menuliskan simbol matematika dan mampu menggunakan kalkulator untuk mengecek kembali penyelesaian. Siswa pada subjek self-confidence sedang dengan kriteria baik dan cukup baik ditandai dengan siswa cukup mampu memahami dan menuliskan informasi yang ada pada soal, cukup mampu menuliskan bentuk model matematika dari permasalahan serta menyelesaikan permasalahan, cukup mampu meginterpretasikan berupa gambar dalam soal cerita dan cukup mampu menggunakan strategi untuk menyelesaiakan masalah. Siswa pada subjek self-confidence rendah dengan kriteria baik, cukup baik dan kurang baik ditandai dengan siswa kurang mampu memahami dan menuliskan informasi apa yang ditanya dan diketahui pada soal, kurang mampu menuliskan bentuk model matematika dari permasalahan serta menyelesaikan permasalahan, kurang mampu meginterpretasikan berupa gambar dalam soal cerita dan kurang mampu menyelesaiakan dengan penalaran logis dan membuat kesimpulan.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Numerasi, Problem Based Learning (PBL), STEM, Self-Confidence, Prezi
Subjects: L Education > L Education (General)
Fakultas: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Matematika, S1
Depositing User: Mahasiswa FMIPA
Date Deposited: 26 Oct 2023 03:49
Last Modified: 26 Oct 2023 03:49
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/60491

Actions (login required)

View Item View Item