Pengembangan Buku Cerita Augmented Reality Berbasis Kearifan Lokal untuk Mempersiapkan Asesmen Kompetensi Minimum melalui Literasi Membaca


Eva Maela Sofia, 0103520038 (2023) Pengembangan Buku Cerita Augmented Reality Berbasis Kearifan Lokal untuk Mempersiapkan Asesmen Kompetensi Minimum melalui Literasi Membaca. Masters thesis, UNNES.

[thumbnail of IJRR90_230722_144130 (2).pdf] PDF - Published Version
Download (191kB)
[thumbnail of BAGIAN AWAL BARU EVA MAELA.pdf] PDF - Published Version
Download (570kB)
[thumbnail of FILE BARU FULL EVA MAELA SOFIA.pdf] PDF - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (13MB) | Request a copy

Abstract

ABSTRAK Sofia, Eva Maela. 2023. Pengembangan Buku Cerita Augmented Reality Berbasis Kearifan Lokal untuk Mempersiapkan Asesmen Kompetensi Minimum Melalui Literasi Membaca”. Tesis. Program Studi Pendidikan Dasar, Pascasarjana Universitas Negeri Semarang. Dr. Sunyoto Eko Nugroho, M. Si, Dr.Agung Tri Prasetya, S.Si., M.Si. Kata Kunci: Buku Cerita Augemented Reality, Asesmen Minimum Kompetensi, Literasi Membaca Pemanfaatan teknologi dalam proses pembelajaran sudah dilakukan untuk memecahkan rendahnya dalam menerapkan Asesmen Kompetensi Minimum (AKM). Kemampuan literasi membaca berperan sebagai modal yang wajib dimiliki peserta didik untuk mengoptimalkan dan memperoleh informasi secara langsung. Media buku cerita dengan memanfaatkan tekhnologi sebagai salah satu untuk mempersiapkan Asesmen Minimum Kompetensi (AKM) memalui literasi membaca.Penelitian ini bertujuan untuk: (1) Mengetahui dan menganalisis karakteristik Buku Cerita Augmented Reality berbasis kearifan lokal untuk mempersiapkan AKM melalui literasi membaca, (2) Mengetahui dan menganalisis kevalidan media Buku Cerita Augmented Reality berbasis kearifan lokal untuk mempersiapkan AKM melalui literasi membaca, (3) Mendeskripsikan keefektifan media Buku Cerita Augmented Reality berbasis kearifan lokal untuk mempersiapkan AKM melalui literasi membaca, (4) Mengetahui respon peserta didik terhadap media Buku cerita Augmented Reality berbasis kearifan lokal untuk mempersiapkan AKM melalui literasi membaca.Hasil menunjukkan bahwa Hasil menunjukkan bahwa, (1) media buku cerita Augmented Reality mempunyai karakteristik sesuai dengan kebutuhan peserta didik (2) Media buku cerita dinyatakan valid berdasarkan hasil dari ahli Bahan Ajar dengan perolehan 78% dengan kriteria baik, ahli media mendapat persentase 92% dengan kriteria sangat baik (3) keefektifan media buku cerita Augmented Reality efektif digunakan berdasarkan hasil N-Gain mencapai 0,604 masuk kategori cukup (4) Hasil respon peserta didik menyatakan buku cerita Augmented Reality dapat diterima dengan baik sehingga dapat digunakan untuk mempersiapkan Asesmen Minimum Kompetensi (AKM) melalui literasi dibuktikan hasil peserta didik mencapai 96% dan guru mencapai 95% dengan kriteria sangat baik.

Item Type: Thesis (Masters)
Uncontrolled Keywords: Buku Cerita Augemented Reality, Asesmen Minimum Kompetensi, Literasi Membaca
Subjects: L Education > L Education (General) > Development of Learning Media
Fakultas: Pasca Sarjana > Pendidikan Dasar, S2
Depositing User: Mahasiswa Pascasarjana UNNES
Date Deposited: 19 Oct 2023 08:57
Last Modified: 19 Oct 2023 08:57
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/60430

Actions (login required)

View Item View Item