PENGEMBANGAN E-MODUL INTERAKTIF DAN PEMBELAJARANNYA DENGAN PBI UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH MATERI ALJABAR SISWA KELAS VII


Okta Kurniawan, 0401519016 (2023) PENGEMBANGAN E-MODUL INTERAKTIF DAN PEMBELAJARANNYA DENGAN PBI UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH MATERI ALJABAR SISWA KELAS VII. Masters thesis, UNNES.

[thumbnail of Halaman depan benar.pdf] PDF - Published Version
Download (846kB)
[thumbnail of 0401519016_Okta Kurniawan.pdf] PDF - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (6MB) | Request a copy
[thumbnail of Artikel_Okta Kurniawan.pdf] PDF - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (618kB) | Request a copy
[thumbnail of Okta Kurniawan. LoA anargiya.pdf] PDF - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (108kB) | Request a copy

Abstract

ABSTRAK Penelitian ini bertujuan (1) Menganalisis kemampuan pemecahan masalah siswa sebelum menggunakan hasil pengembangan e-modul interaktif pada pembelajaran Problem Based Instruction, (2) Menghasilkan e-modul yang interaktif pada pembelajaran Problem Based Instruction dapat menjadi bahan atau alat bantu guru dalam memperlancar kegiatan pembelajaran, (3) Menghasilkan e-modul interaktif pada pembelajaran Problem Based Instruction yang berkualitas yaitu e-modul interaktif pembelajaran Problem Based Instruction yang memenuhi kriteria valid, praktis dan efektif. Sehingga dapat membantu siswa dalam meningkatkan kemampuan pemecahan masalah. Metode penelitian menggunakan pendekatan R & D. Pengambilan subjek penelitian ini berdasarkan dengan teknik purposiv sampling. Sedangkan validastor terdiri dari dosen dari Program pascasarjana Universitas Negeri Semarang dan 2 (dua) guru dari SMP X. Pengumpulan data dilakukan melalui tes, observasi, kuesioner, dan dokumentasi. Analisis data dilakukan dengan statistik deskriptif dan inferensial dengan uji Wilcoxon. Hasil penelitian ini menyimpulkan bahwa (1) Kemampuan pemecahan masalah siswa sebelum pembelajaran menggunakan pengembangan e-modul interaktif pada pembelajaran matematika menunjukkan kedua kelompok dalam kategori sedang, (2) Hasil pengembangan e-modul interaktif pada pembelajaran Matematika pada materi soal cerita Aljabar Kelas VII sudah memenuhi kriteria valid, dan praktis, (3) Hasil pengembangan e-modul interaktif pada pembelajaran Matematika pada materi soal cerita Aljabar Kelas VII yang dinilai efektif karena telah dibuktikan dari adanya perbedaan dari kemampuan pemecahan masalah siswa kelompok kontrol dan perlakuan setelah perlakuan. Kata kunci : e-modul, interaktif, pemecahan masalah

Item Type: Thesis (Masters)
Uncontrolled Keywords: e-modul, interaktif, pemecahan masalah
Subjects: L Education > L Education (General) > Development of Learning Media
Fakultas: Pasca Sarjana > Pendidikan Matematika, S2
Depositing User: Mahasiswa Pascasarjana UNNES
Date Deposited: 19 Oct 2023 07:46
Last Modified: 19 Oct 2023 07:46
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/60419

Actions (login required)

View Item View Item