DESAIN E-MODUL FLIPBOOK DENGAN PENDEKATAN ETNO-STEM PADA MATERI KOLOID UNTUK MENGEMBANGKAN LITERASI STEM PESERTA DIDIK


FUTRI ADE RINDIANI, 4301418106 (2023) DESAIN E-MODUL FLIPBOOK DENGAN PENDEKATAN ETNO-STEM PADA MATERI KOLOID UNTUK MENGEMBANGKAN LITERASI STEM PESERTA DIDIK. Under Graduates thesis, UNNES.

[thumbnail of FUTRI ADE RINDIANI _4301418106_SKRIPSI_COVER-DAFTAR ISI.pdf] PDF
Download (609kB)
[thumbnail of FUTRI ADE RINDIANI _4301418106_SKRIPSI_FULL LAMPIRAN.pdf] PDF
Restricted to Repository staff only

Download (7MB) | Request a copy
[thumbnail of SK PEMBIMBING.pdf] PDF
Download (237kB)
[thumbnail of SURAT UNDANGAN UJIAN.pdf] PDF
Download (178kB)
[thumbnail of BUKTI PEMBELIAN BUKU.pdf] PDF
Download (117kB)
[thumbnail of ARTIKEL DAN SURAT PUBLIKASI.pdf] PDF - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (389kB) | Request a copy

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kelayakan, keterbacaan, keefektifan dan respons peserta didik terhadap penggunaan e-modul flipbook dengan pendekatan Etno�STEM pada materi koloid untuk mengembangkan literasi STEM peserta didik. Penelitian ini menggunakan metode Research and Development (R&D), dengan model penelitian 4D, yang terdiri atas tahap Define, Design, Develop, and Disseminate. Teknik analisis data yang dilakukan meliputi validasi e-modul, instrumen tes, angket keterbacaan dan angket respons peserta didik. Analisis data dilakukan pada uji kelayakan 1 untuk mengetahui keterbacaan e-modul dan uji kelayakan 2 untuk mengetahui keefektifan dan respons peserta didik setelah menggunakan e-modul. Hasil validasi kelayakan materi oleh validator memproleh rata-rata skor 91,3% dengan kriteria sangat layak sedangkan validasi kelayakan media e-modul memperoleh rata-rata skor total 94,82% dengan kriteria sangat layak. Uji keterbacaan e-modul termasuk dalam kriteria sangat baik dengan nilai rata-rata persentase sebesar 90,97%. Berdasarkan analisis keefektifan diperoleh nilai Gain masing-masing komponen STEM memperoleh 0,8 untuk literasi sains, 0,81 literasi teknologi dan teknik, serta 0,85 untuk literasi matematika. Sehingga dapat disimpulkan rata-rata presentase N-Gain literasi STEM sebesar 0,82 dengan kategori tinggi dan mendapatkan respons peserta didik terhadap penggunaan sebesar 88,84% dengan kategori sangat baik. Sehingga dapat disimpulkan e-modul yang dikembangkan layak, efektif dan praktis dalam pembelajaran koloid.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: E-Modul, Etno-STEM, Literasi STEM
Subjects: L Education > L Education (General)
Fakultas: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Kimia, S1
Depositing User: Mahasiswa FMIPA
Date Deposited: 16 Oct 2023 04:11
Last Modified: 16 Oct 2023 04:11
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/60376

Actions (login required)

View Item View Item