Pengaruh Aktivitas Siswa dalam Pembelajaran Berbasis Proyek terhadap Kemampuan Berpikir Kreatif Siswa SMA pada Pembuatan Herbarium Kering


Cindy Elvina Ratna Dewati, 4401419026 (2023) Pengaruh Aktivitas Siswa dalam Pembelajaran Berbasis Proyek terhadap Kemampuan Berpikir Kreatif Siswa SMA pada Pembuatan Herbarium Kering. Under Graduates thesis, UNNES.

[thumbnail of COVER - DAFTAR ISI.pdf] PDF - Published Version
Download (756kB)
[thumbnail of SKRIPSI LENGKAP CINDY ELVINA.pdf] PDF - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (6MB) | Request a copy
[thumbnail of SK bimbingan skripsi.pdf] PDF - Published Version
Download (238kB)
[thumbnail of SK PENGUJI.pdf] PDF - Published Version
Download (200kB)
[thumbnail of Nota pembelian buku.pdf] PDF - Published Version
Download (28kB)
[thumbnail of ARTIKEL SKRIPSI CINDY ELVINA RATNA DEWATI (4401419026).pdf] PDF - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (667kB) | Request a copy

Abstract

Dewati, Cindy Elvina Ratna. 2023. Pengaruh Aktivitas Siswa dalam Pembelajaran Berbasis Proyek terhadap Kemampuan Berpikir Kreatif Siswa SMA pada Pembuatan Herbarium Kering. Skripsi, Jurusan Biologi Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam Universitas Negeri Semarang. Pembimbing: Prof. Dr. Saiful Ridlo, M.Si. Kata Kunci: Pembelajaran berbasis proyek, Berpikir kreatif, Herbarium kering Salah satu upaya pemerintah dalam mendukung pendidikan abad 21 adalah dengan menerapkan program baru pendidikan yang dikenal sebagai program merdeka belajar, salah satunya yaitu sekolah penggerak. Kurikulum sekolah penggerak memuat visi misi yang dimuat dalam profil pelajar pancasila. Adanya tuntutan pada kurikulum tersebut, siswa diharapkan dapat menguasai enam dimensi profil pelajar pancasila, salah satunya berpikir kreatif. Dalam mengembangkan kemampuan berpikir kreatif, siswa harus aktif dalam proses pembelajaran sehingga guru perlu merancang pola pembelajaran yang dapat melibatkan siswa aktif agar dapat mengembangkan kemampuan berpikir kreatif. Tujuan penelitian ini adalah untuk menganalisis aktivitas siswa dalam pembelajaran berbasis proyek terhadap kemampuan berpikir kreatif pada pembuatan herbarium kering. Desain penelitian yang digunakan adalah pre experimental design dengan rancangan one group pre test-post test. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas X SMAN 1 Banjarharjo yang berjumlah 350 siswa. Teknik pengambilan sampel yaitu menggunakan purposive sampling. Sampel yang ditetapkan sebanyak 45 siswa. Teknik pengumpulan data menggunakan tes dan observasi. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis deskriptif kuantitatif dan analisis regresi linier sederhana. Hasil penelitian menunjukkan bahwa 76% siswa mampu mencapai kategori kreatif tingkat sedang yaitu pada aspek flexibility, originality, dan elaboration. Aktivitas siswa dalam pembelajaran berbasis proyek berpengaruh signifikan terhadap kemampuan berpikir kreatif siswa dalam pembuatan herbarium kering. Pengaruh aktivitas siswa dalam pembelajaran berbasis proyek terhadap kemampuan berpikir keratif yaitu sebesar 21,1% dengan taraf signifikansi 0,002 < 0,05. Terdapat hubungan positif antara aktivitas siswa dalam pembelajaran berbasis proyek dengan kemampuan berpikir kreatif. Setiap peningkatan 1% nilai aktivitas siswa dalam pembelajaran berbasis proyek, nilai kemampuan berpikir kreatif meningkat sebesar 1,440.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Pembelajaran Berbasis Proyek, Berpikir Kreatif, Herbarium Kering
Subjects: L Education > Educational Institutions
Fakultas: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Biologi, S1
Depositing User: Mahasiswa FMIPA
Date Deposited: 11 Oct 2023 02:14
Last Modified: 11 Oct 2023 02:14
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/60306

Actions (login required)

View Item View Item