Efektivitas Model Pembelajaran Berbasis Proyek Berpendekatan Jelajah Alam Sekitar untuk Meningkatkan Keterampilan Berpikir Kritis dan Komunikasi pada Materi Keanekaragaman Hayati


Yasyinta Zalza Nabila, 4401419044 (2023) Efektivitas Model Pembelajaran Berbasis Proyek Berpendekatan Jelajah Alam Sekitar untuk Meningkatkan Keterampilan Berpikir Kritis dan Komunikasi pada Materi Keanekaragaman Hayati. Under Graduates thesis, UNNES.

[thumbnail of Skripsi Cover Daftar Isi_Yasyinta Zalza Nabila 4401419044.pdf] PDF - Published Version
Download (1MB)
[thumbnail of Skripsi Lengkap_Yasyinta Zalza Nabila 4401419044.pdf] PDF - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (18MB) | Request a copy
[thumbnail of 3. SK Pembimbing Yasyinta Zalza Nabila 4401419044.pdf] PDF - Published Version
Download (327kB)
[thumbnail of 4. Surat Undangan Ujian_Yasyinta Zalza Nabila 4401419044.pdf] PDF - Published Version
Download (200kB)
[thumbnail of 5. Bukti Pembelian Buku_Yasyinta Zalza Nabila 4401419044.pdf] PDF - Published Version
Download (30kB)
[thumbnail of 6. Artikel dan Surat Bebas Artikel_Yasyinta Zalza Nabila 4401419044.pdf] PDF - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (805kB) | Request a copy

Abstract

Peserta didik menginginkan proses pembelajaran dilakukan dengan suasana yang lebih menyenangkan dan melakukan eksplorasi secara langsung. Materi Keanekaragaman Hayati dianggap kurang menarik dan sulit untuk dipahami. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui efektivitas model pembelajaran berbasis proyek berpendekatan Jelajah Alam Sekitar untuk meningkatkan keterampilan berpikir kritis dan keterampilan komunikasi peserta didik kelas X SMA Negeri 1 Sragen pada materi Keanekaragaman Hayati. Metode penelitian kuantitatif dan merupakan penelitian Quasi Experimental dengan Pretest-Posttest Control Group Design. Teknik sampling yang digunakan purposive random sampling dengan subyek penelitian terpilih adalah kelas X F sebagai kelas kontrol dan kelas X G sebagai kelas eksperimen. Data yang diperoleh berupa nilai pretest-posttest (keterampilan berpikir kritis), keterampilan komunikasi, dan tanggapan peserta didik. Hasil Uji N-Gain kelas eksperimen sebesar 0,093 dan kelas kontrol sebesar 0,061 yang keduanya termasuk kategori rendah. Hasil uji Wilcoxon Signed Ranks pretest-posttest kelas eksperimen menunjukkan nilai signifikansi sebesar 0,001 yang terdapat perbedaan antara rata-rata nilai pretest dan posttest kelas eksperimen. Hasil uji Mann-Whitney skor N-Gain keterampilan berpikir kritis menunjukkan nilai signifikansi sebesar 0,556 yang dapat disimpulkan tidak terdapat perbedaan signifikan antara rata-rata keterampilan berpikir kritis kelas eksperimen dengan kelas kontrol. Rata-rata nilai keterampilan komunikasi kela eksperimen sebesar 73,4 sedangkan kelas kontrol sebesar 69,9. Hasil uji Mann-Whitney nilai keterampilan komunikasi menunjukkan nilai signifikansi sebesar 0,221 yang dapat disimpulkan tidak terdapat perbedaan signifikan antara rata-rata keterampilan komunikasi kelas eksperimen dengan kelas kontrol. Peserta didik memberikan tanggapan positif terhadap pembelajaran yang dilaksanakan. Berdasarkan hasil penelitian dan pembahasan dapat disimpulkan bahwa pembelajaran pembelajaran berbasis proyek berpendekatan Jelajah Alam Sekitar tidak efektif dalam meningkatkan keterampilan berpikir kritis dan keterampilan komunikasi peserta didik.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Model berbasis proyek, pendekatan JAS, berpikir kritis, komunikasi
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
L Education > LB Theory and practice of education > Learning Model
Fakultas: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Biologi, S1
Depositing User: Mahasiswa FMIPA
Date Deposited: 09 Oct 2023 07:15
Last Modified: 09 Oct 2023 07:15
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/60281

Actions (login required)

View Item View Item