Pengembangan Suplemen Bahan Ajar NAPZA Berbasis Riset dan Kasus untuk Meningkatkan Sikap Penolakan Penyalahgunaan NAPZA pada Siswa SMA


Sisna Marvilia Ayuningrum, 4401419045 (2023) Pengembangan Suplemen Bahan Ajar NAPZA Berbasis Riset dan Kasus untuk Meningkatkan Sikap Penolakan Penyalahgunaan NAPZA pada Siswa SMA. Under Graduates thesis, UNNES.

[thumbnail of Cover-Daftar Isi.pdf] PDF - Published Version
Download (2MB)
[thumbnail of Skripsi Full.pdf] PDF - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (4MB) | Request a copy
[thumbnail of SK Pembimbing.pdf] PDF - Published Version
Download (237kB)
[thumbnail of SK Penguji.pdf] PDF - Published Version
Download (200kB)
[thumbnail of invoice_3659040343_231005_113009.pdf] PDF - Published Version
Download (26kB)
[thumbnail of Sisna Marvilia Ayuningrum_Journal Articel.pdf] PDF - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (320kB) | Request a copy

Abstract

Maraknya penyalahgunaan NAPZA di kalangan remaja yang semakin meningkat dari tahun ke tahun mengindikasikan rendahnya sikap siswa dalam menolak penyalahgunaan NAPZA. Rendahnya sikap siswa terhadap penyalahgunaan NAPZA disebabkan karena belum adanya bahan ajar yang sesuai kebutuhan siswa. Bahan ajar yang kurang mengaitkan materi dengan riset dan kasus yang kontekstual menyebabkan rendahnya sikap siswa terhadap penyalahgunaan NAPZA. Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan suplemen bahan ajar berbasis riset dan kasus materi NAPZA pada siswa kelas XI SMA untuk meningkatkan sikap penolakan penyalahgunaan NAPZA. Penelitian ini merupakan penelitian Research and Development (R&D) mengacu pada langkah-langkah (1) potensi dan masalah; (2) pengumpulan data; (3) desain produk; (4) validasi desain; (5) revisi desain; (6) uji coba skala kecil; (7) revisi produk; (8) uji coba skala besar; (9) produksi akhir. Data hasil penelitian dianalisis menggunakan metode analisis deskriptif kuantitatif dan kualitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa suplemen bahan ajar NAPZA berbasis riset dan kasus valid dan layak digunakan dengan validitas materi menunjukkan skor 87,5% (sangat valid) dan validitas media 95% (sangat valid). Implementasi suplemen bahan ajar NAPZA berbasis riset dan kasus dalam pembelajaran efektif untuk meningkatkan sikap penolakan penyalahgunaan NAPZA pada siswa SMA dengan persentase lebih dari 80% siswa memiliki sikap penolakan penyalahgunaan NAPZA yang tinggi. Berdasarkan hasil penelitian, dapat disimpulkan bahwa pengembangan suplemen bahan ajar NAPZA berbasis riset dan kasus untuk meningkatkan sikap penolakan penyalahgunaan NAPZA pada siswa SMA dinyatakan sangat valid, mendapat respons baik dari guru dan siswa, serta efektif digunakan sebagai sumber belajar siswa kelas XI untuk meningkatkan sikap penolakan penyalahgunaan NAPZA dalam diri siswa SMA.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Subjects: L Education > LT Textbooks
Fakultas: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Biologi, S1
Depositing User: Mahasiswa FMIPA
Date Deposited: 06 Oct 2023 06:49
Last Modified: 06 Oct 2023 06:49
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/60263

Actions (login required)

View Item View Item