Pengembangan Perangkat Pembelajaran Berbasis Model Creative Problem Solving untuk Meningkatkan Kemampuan Multi Representasi Peserta Didik Ditinjau dari Gender


Ghina Amalia Salsabil, 4001419040 (2023) Pengembangan Perangkat Pembelajaran Berbasis Model Creative Problem Solving untuk Meningkatkan Kemampuan Multi Representasi Peserta Didik Ditinjau dari Gender. Under Graduates thesis, UNNES.

[thumbnail of GHINA AMALIA SALSABIL_4001419040_COVER-DAFTAR ISI SKRIPSI.pdf] PDF - Published Version
Download (871kB)
[thumbnail of GHINA AMALIA SALSABIL_4001419040_SKRIPSI.pdf] PDF - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (20MB)
[thumbnail of SK PEMBIMBING_4001419040_GHINA AMALIA SALSABIL_2023.pdf] PDF - Published Version
Download (238kB)
[thumbnail of SK PENGUJI_4001419040_GHINA AMALIA SALSABIL_2023.pdf] PDF - Published Version
Download (200kB)
[thumbnail of GHINA AMALIA SALSABIL_4001419040_NOTA PEMBELIAN BUKU.pdf] PDF - Published Version
Download (96kB)
[thumbnail of GHINA AMALIA SALSABIL_4001419040_ARTIKEL.pdf] PDF - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (432kB)

Abstract

Pelaksanaan pembelajaran IPA berdasarkan Kurikulum 2013 menerapkan 5 pendekatan saintifik. Penerapan pendekatan saintifik pada proses pembelajaran mengharuskan peserta didik memiliki kemampuan multi representasi. Hasil observasi pendahuluan di SMP Negeri 19 Semarang didapatkan hasil bahwa kemampuan multi representasi peserta didik masih tergolong rendah. Penggunaan model pembelajaran pada perangkat pembelajaran kurang bervariasi, serta aktivitas yang ditujukan untuk melatih kemampuan multi representasi masih sedikit. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis validitas perangkat pembelajaran, serta menganalisis peningkatan kemampuan multi representasi peserta didik ditinjau dari gender. Metode penelitian yang digunakan adalah RnD (Research and Development) dengan model pengembangan ADDIE (Analyze, Design, Development, Implement, Evaluation). Hasil penelitian menunjukkan bahwa perangkat pembelajaran berbasis model CPS memperoleh kriteria valid dari validator. Berdasarkan hasil pretest dan posttest, peningkatan kemampuan multi representasi peserta didik apabila ditinjau dari gender berada dalam kriteria sedang, dengan nilai N-Gain pada peserta didik laki-laki adalah 0,43, sedangkan pada peserta didik perempuan adalah 0,57. Hasil N-Gain menunjukkan bahwa kemampuan multi representasi peserta didik perempuan lebih tinggi daripada peserta didik laki-laki. Simpulan penelitian ini yaitu perangkat pembelajaran berbasis model CPS valid, dan dapat meningkatkan kemampuan multi representasi peserta didik.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Perangkat Pembelajaran Creative Problem Solving (CPS), Kemampuan Multi Representasi, Gender.
Subjects: L Education > L Education (General)
Fakultas: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Ilmu Pengetahuan Alam, S1
Depositing User: Mahasiswa FMIPA
Date Deposited: 06 Oct 2023 02:17
Last Modified: 06 Oct 2023 02:17
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/60232

Actions (login required)

View Item View Item