Pengembangan Perangkat Pembelajaran Model Problem Based Learning (PBL) Terintegrasi Etnosains Materi Sistem Ekskresi untuk Melatih Berpikir Kritis Siswa


Atikah Fara, 4001416013 (2023) Pengembangan Perangkat Pembelajaran Model Problem Based Learning (PBL) Terintegrasi Etnosains Materi Sistem Ekskresi untuk Melatih Berpikir Kritis Siswa. Under Graduates thesis, UNNES.

[thumbnail of COVER-DAFTAR ISI] PDF (COVER-DAFTAR ISI)
Download (816kB)
[thumbnail of SKRIPSI FULL] PDF (SKRIPSI FULL)
Restricted to Repository staff only

Download (32MB) | Request a copy
[thumbnail of SK PEMBIMBING] PDF (SK PEMBIMBING)
Download (237kB)
[thumbnail of SURAT UNDANGAN UJIAN] PDF (SURAT UNDANGAN UJIAN)
Download (200kB)
[thumbnail of NOTA PEMBELIAN BUKU] PDF (NOTA PEMBELIAN BUKU)
Download (173kB)
[thumbnail of ARTIKEL] PDF (ARTIKEL)
Restricted to Repository staff only

Download (747kB) | Request a copy

Abstract

Perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi di abad 21 memberikan tantangan baru dalam dunia pendidikan untuk mengembangkan keterampilan abad 21 yang mencakup keterampilan 4C. Salah satu keterampilan yang harus dimiliki siswa adalah keterampilan berpikir kritis. Hasil observasi menunjukkan bahwa perangkat pembelajaran yang relevan yang digunakan oleh guru belum maksimal dan model pembelajaran yang digunakan belum menerapkan pendekatan saintifik. Pengetahuan mengenai kearifan lokal yang belum ada, terlihat ketika guru belum mengkaitkan materi dengan kearifan lokal. Rendahnya keterampilan berpikir kritis siswa terlihat ketika siswa diberikan suatu permasalahan untuk dipecahkan masih kesulitan dalam memecahkan masalah. Model penelitian ini mengadopsi 4D (four-D-model) oleh Thiagarajan, yang meliputi define, design, develop, dan diseminasi namun hanya dilakukan sampai tahap develop. Subjek penelitian yang digunakan adalah siswa kelas 8 F MTS Al Asror. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan karakteristik dan menganalisis validitas perangkat pembelajaran model PBL terintegrasi etnosains untuk melatih berpikir kritis siswa. Perangkat pembelajaran yang dikembangkan terdiri dari silabus, RPP, LKPD, e-modul, soal tes dan media pembelajaran berupa video. Hasil penelitian menunjukkan bahwa perangkat pembelajaran model PBL terintegrasi etnosains memiliki karakteristik: 1) Memuat pembelajaran terintegrasi etnosains, 2) Memuat sintaks model PBL, 3) Memuat materi sistem ekskresi, 4) Mampu menstimulasi Keterampilan berpikir kritis siswa. Hasil penilaian validitas oleh pakar ahli menunjukkan bahwa perangkat pembelajaran yang digunakan dapat melatih keterampilan berpikir kritis siswa.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Pengembangan, Perangkat pembelajaran, Model Problem Based Learning (PBL), Etnosains, Sistem Ekskresi, Keterampilan berpikir kritis.
Subjects: L Education > Educational Institutions
Fakultas: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Ilmu Pengetahuan Alam, S1
Depositing User: Mahasiswa FMIPA
Date Deposited: 03 Oct 2023 01:08
Last Modified: 03 Oct 2023 01:08
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/60215

Actions (login required)

View Item View Item