Pembelajaran IPA Melalui Model Problem-Based Learning Terintegrasi Etnosains Untuk Meningkatkan Keterampilan Berpikir Kritis dan Hasil Belajar Siswa SD Pada Materi Bunyi.


Rysna Damba Linggi Allo, 0103521004 (2023) Pembelajaran IPA Melalui Model Problem-Based Learning Terintegrasi Etnosains Untuk Meningkatkan Keterampilan Berpikir Kritis dan Hasil Belajar Siswa SD Pada Materi Bunyi. Masters thesis, UNNES.

[thumbnail of SAMPUL.pdf] PDF - Published Version
Download (456kB)
[thumbnail of Tesis_Rysna_Damba_LA_sidang_final.pdf] PDF - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (11MB) | Request a copy
[thumbnail of Artikel Publish_Rysna.pdf] PDF - Published Version
Download (159kB)

Abstract

Latar belakang penelitian ini berdasarkan pada Rendahnya keterampilan berpikir kritis siswa berdampak pada hasil belajar siswa, hal ini disebabkan karena proses pembelajaran yang dilaksanakan berpusat pada guru. Penggunaan model pembelajaran yang monoton dan kurang bervariasi serta kurangnya memanfaatkan kearifan lokal yang ada di lingkungan sekitar siswa. Juga menyebabkan pembelajaran menjadi kurang bermakna bagi siswa. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis keefektifan model Problem-Based Learning terintegrasi Etnosains terhadap keterampilan berpikir kritis dan hasil belajar siswa SD pada materi bunyi. Jenis penelitian ini adalah penelitian kuantitatif dengan menggunakan metode Quasi Eksperiment tipe Nonequivalent Control Group Desain. Sampel yang digunakan pada penelitian ini adalah siswa kelas IVA sebanyak 36 siswa sebagai kelas kontrol dan siswa kelas IVB sebanyak 36 siswa sebagai kelas eksperimen. Berdasarkan hasil penelitian pada keterampilan berpikir kritis siswa hasil uji t diperoleh hasil Ho ditolak karena nilai (26,798) > (2,030) dan hasil uji N-Gain kelas eksperimen sebesar 0,6157 yang berkategori sedang, dan pada kelas kontrol sebesar 0,5481 yang berkategori sedang. Nilai rata-rata tes akhir kemampuan berpikir kritis siswa pada kelas eksperimen yaitu sebesar 80,39 lebih meningkat dibandingkan kelas kontrol yaitu sebesar 79,05. Hasil belajar siswa hasil uji t diperoleh hasil Ho ditolak karena nilai (55,663) > (2,030). Hasil uji N-Gain kelas eksperimen sebesar 0,735 yang berkategori tinggi, dan pada kelas kontrol sebesar 0,441 yang berkategori sedang. Nilai rata-rata tes akhir ranah pengetahuan siswa kelas eksperimen yaitu sebesar 85,33 lebih meningkat dibanding kelas kontrol yaitu sebesar 75,05. Peningkatan rata-rata Keterampilan berpikir kritis siswa kelas eksperimen yaitu sebesar 32,14% dan untuk Hasil belajar peningkatan terjadi sebesar 38,67%. Sehingga dapat disimpulkan bahwa melalui model Problem-Based Learning terintegrasi etnosains memberikan pengaruh yang signifikan terhadap peningkatan Keterampilan Berpikir Kritis dan Hasil Belajar Siswa pada Pembelajaran IPA siswa kelas IV pada materi Bunyi.

Item Type: Thesis (Masters)
Uncontrolled Keywords: Pembelajaran IPA; Problem-Based Learning; Etnosains; Keterampilan Berpikir Kritis; Hasil Belajar
Subjects: L Education > L Education (General) > Learning Model
Fakultas: Pasca Sarjana > Pendidikan Dasar, S2
Depositing User: Mahasiswa Pascasarjana UNNES
Date Deposited: 29 Sep 2023 02:55
Last Modified: 29 Sep 2023 02:55
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/60184

Actions (login required)

View Item View Item