Literasi Matematika ditinjau dari Self Efficacy pada Model Pembelajaran Treffinger Pendekatan Pendidikan Matematika Realistik Indonesia berbantuan Learning Management System


Gilang Nursetiawan, 4101418136 (2023) Literasi Matematika ditinjau dari Self Efficacy pada Model Pembelajaran Treffinger Pendekatan Pendidikan Matematika Realistik Indonesia berbantuan Learning Management System. Under Graduates thesis, UNNES.

[thumbnail of 4101418136_Gilang Nursetiawan_Skripsi Cover Daftar Isi.pdf] PDF - Published Version
Download (761kB)
[thumbnail of 4101418136_Gilang Nursetiawan_Skripsi.pdf] PDF - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (25MB) | Request a copy
[thumbnail of SK Dosbing Gilang.pdf] PDF - Published Version
Download (237kB)
[thumbnail of SK Penguji.pdf] PDF - Published Version
Download (200kB)
[thumbnail of Bukti Nota Buku.pdf] PDF - Published Version
Download (79kB)
[thumbnail of 4101418136_Gilang Nursetiawan_Artikel Eng.pdf] PDF - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (382kB) | Request a copy

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk (1) mengetahui kualitas pembelajaran model Treffinger Pendekatan Pendidikan Matematika Realistik Indonesia berbantuan Learning Management System meningkatkan literasi matematika siswa SMA. (2) mengetahui pengaruh self efficacy dengan literasi matematika siswa SMA. (3) mengetahui deskripsi literasi matematika siswa SMA ditinjau dari self efficacy model pembelajaran Treffinger Pendekatan Pendidikan Matematika Realistik Indonesia berbantuan Learning Management System. Metode yang digunakan adalah mixed methods dengan desain penelitian yaitu sekuensial eksplanatori. Metode Kuantitatif menggunakan true experiment dengan bentuk pretest-posttest control group design, sedangkan Metode Kualitatif menggunakan metode deskriptif kualitatif. Teknik analasis yang digunakan adalah kuantitatif yang menggunakan Metode Tes dan kualitatif yang menggunakan metode Wawancara, Angket dan Observasi. Hasil penelitian diperoleh bahwa (1) Tahap Persiapan, perangkat pembelajaran yang digunakan sudah memenuhi kategori baik. Tahap Proses, kemampuan pendidik dalam mengajar sudah memenuhi kategori baik. Tahap Evaluasi sudah masuk ke dalam kategori baik dikarenakan Rata-rata nilai siswa lebih dari BTA sebesar 74,79, proporsi ketuntasan lebih dari 75%, rata-rata, proporsi ketuntasan dan peningkatan nilai rata-rata kelas eksperimen lebih dari kelas kontrol. (2) Self efficacy berpengaruh secara singnifikan terhadap nilai literasi matematika. (3) Siswa dengan self efficacy tinggi dapat menuliskan apa yang diketahui dan ditanyakan, mengubah soal ke dalam bentuk matematika, mempresentasikan persoalan, berpikir secara logis, menentukan strategi penyelesaian, mampu menggunakan simbol matematika dan alat matematika. Siswa dengan self efficacy sedang mampu mengubah soal ke dalam bentuk matematika, mempresentasikan persoalan, mampu menggunakan simbol matematika dan alat matematika. Siswa dengan self efficacy rendah hanya dapat menggunakan simbol matematika dan alat matematika. Saran dalam penelitian ini adalah perlu dikembangkan lagi dengan waktu dan subjek yang lebih banyak supaya mendapatkan informasi dan hasil yang pasti dan maksimal.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Literasi Matematika, Treffinger, PMRI, LMS, Self Efficacy
Subjects: L Education > L Education (General)
Fakultas: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Matematika, S1
Depositing User: Mahasiswa FMIPA
Date Deposited: 27 Sep 2023 09:41
Last Modified: 27 Sep 2023 09:41
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/60161

Actions (login required)

View Item View Item