Pengaruh Penggunaan Model Project Based Learning Pada Materi Koloid Terhadap Hasil Belajar Siswa
Badriyatul Alfa Khasanah, 4301419018 (2023) Pengaruh Penggunaan Model Project Based Learning Pada Materi Koloid Terhadap Hasil Belajar Siswa. Under Graduates thesis, UNNES.
PDF
- Published Version
Download (609kB) |
|
PDF
- Published Version
Restricted to Repository staff only Download (11MB) | Request a copy |
|
PDF
- Published Version
Download (237kB) |
|
PDF
- Published Version
Download (178kB) |
|
Preview |
Image (JPEG)
- Published Version
Download (178kB) | Preview |
Abstract
Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menganalisis pengaruh penggunaan model project based learning pada materi koloid terhadap hasil belajar siswa. Indikator penilaian pada penelitian ini meliputi tiga ranah yaitu hasil belajar ranah kognitif, afektif dan psikomotorik. Jenis penelitian ini adalah eksperimen. Desain penelitian ini adalah pretest posttest control group design. Populasi penelitian ini adalah seluruh siswa kelas XI MIPA SMA N 1 Polanharjo Kabupaten Klaten yang terdiri dari 6 kelas. Pengambilan sampel dilakukan dengan teknik cluster random sampling karena anggota populasi sudah normal dan homogen berdasarkan data nilai ujian semester ganjil siswa kelas XI MIPA. Kelas XI MIPA 3 sebagai kelas eksperimen menggunakan model project based learning dan kelas XI MIPA 4 sebagai kelas kontrol menggunakan model pembelajaran discovery learning. Data hasil belajar kognitif diuji t dengan prasyarat data normal dan homogen dan regresi linier sederhana dengan prasyarat data linier, hasil belajar afektif dan psikomotorik dan respon siswa dianalisis secara kuantitatif. Hasil uji beda (uji t) posttest menunjukkan thitung (0,00) < ttabel (0,05) sehingga terdapat perbedaan hasil posttest kelas eksperimen dan kontrol. Hasil uji hipotesis menunjukkan thitung (0,00) < ttabel (0,05) sehingga terdapat pengaruh penggunaan model project based learning terhadap hasil belajar siswa. Hasil analisis regresi linier sederhana menunjukkan bahwa model Project Based Learning berpengaruh sebesar 56% dalam kategori sedang terhadap hasil belajar siswa. Hasil belajar afektif menunjukkan 24 dari 36 siswa kelas eksperimen masuk dalam kategori sangat baik. Hasil belajar psikomotorik menunjukkan 28 dari 36 siswa kelas eksperimen masuk dalam kategori sangat baik. Hasil angket respon siswa menunjukkan respon siswa sangat baik, baik dan cukup terhadap penerapan model PjBL.
Item Type: | Thesis (Under Graduates) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | project based learning, hasil belajar, koloid |
Subjects: | L Education > Special Education > Chemistry Education |
Fakultas: | Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Kimia, S1 |
Depositing User: | Users 45251 not found. |
Date Deposited: | 27 Sep 2023 08:00 |
Last Modified: | 27 Sep 2023 08:58 |
URI: | http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/60143 |
Actions (login required)
View Item |