Kemampuan Komunikasi Matematis ditinjau dari Self-Concept Peserta Didik pada Model Problem Based Learning (PBL) dengan Metode Brainstorming Kelas VIII


Ulfa Nur Afifah, 0401519058 (2023) Kemampuan Komunikasi Matematis ditinjau dari Self-Concept Peserta Didik pada Model Problem Based Learning (PBL) dengan Metode Brainstorming Kelas VIII. Masters thesis, UNNES.

[thumbnail of 0401519058_Ulfa Nur Afifah_COVER sd DAFTAR ISI.pdf] PDF - Published Version
Download (714kB)
[thumbnail of 0401519058_Ulfa Nur Afifah.pdf] PDF - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (12MB) | Request a copy
[thumbnail of LoA_ULFA NUR AFIFAH.pdf] PDF - Accepted Version
Download (306kB)
[thumbnail of bukti pembelian buku.pdf] PDF - Published Version
Download (73kB)

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh rendahnya kemampuan komunikasi matematis peserta didik dan kurangnya self-concept pada diri peserta didik. Salah satu upaya untuk memperbaikinya yaitu dengan menggunakan model Problem Based Learning (PBL) dengan metode Brainstorming. Adapun tujuan penelitian ini yaitu (1) untuk menguji keefektifan pembelajaran Problem Based Learning dengan metode Brainstorming terhadap kemampuan komunikasi matematis, (2) Untuk menganalisis kemampuan komunikasi matematis peserta didik ditinjau dari self-concept peserta didik pada model pembelajaran Problem Based Learning dengan metode Brainstorming. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini yaitu mixed method, sedangkan strategi penelitiannya yaitu sequential explanatory dengan desain penelitian posttest-only control design. Populasi pada penelitian ini adalah peserta didik kelas VIII SMP Negeri 1 Kedungbanteng, dengan menggunakan teknik cluster random sampling diperoleh sampel kelas VIII D (kelas eksperimen) dan kelas VIII C (kelas kontrol). Pemilihan subjek penelitian dengan teknik porporsive sampling, diperoleh 6 subjek yang terbagi menjadi 2 subjek untuk tiap kategori (tinggi, sedang, dan rendah). Metode pengumpulan data menggunakan tes, angket, wawancara, dan dokumentasi. Instrumen telah teruji validitas dan reliabilitas pada taraf sig 5%. Analsisi data kuantitatif menggunakan uji ketuntasan rata-rata, uji ketuntasan proporsi, uji t satu pihak kanan, dan uji regresi sederhana. Analisis data kualitatif menggunakan reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menyatakan bahwa : (1) model Problem Based Learning dengan metode Brainstorming efektif terhadap kemampuan komunikasi matematis. Hasil uji menunjukkan bahwa kemampuan komunikasi matematis peserta didik telah mencapai KKM, proporsi peserta didik yang tuntas dalam kemampuan komunikasi matematis mencapai 75%, rata-rata kemampuan komunikasi matematis peserta didik kelas eksperimen lebih baik dari kelas kontrol, dan adanya pengaruh self-concept terhadap kemampuan komunikasi matematis peserta didik sebesar 88,4%. (2) kemampuan komunikasi matematis ditinjau dari self-concept peserta didik memiliki kesamaan dan perbedaan setiap kategori. Peserta didik dengan self-concept tinggi (ST1, ST2), sedang (SS1, SS2), dan rendah (SR1, SR2) memiliki kesamaan, yaitu mampu menghubungkan benda nyata, gambar, dan diagram kedalam ide-ide matematika, namun ketiganya tidak mampu menyatakan peristiwa sehari-hari dalam bahasa matematika, sedangkan perbedaan dari ketiga kategori yaitu hanya ST1, ST2 dan SS1 yang mampu menjelaskan ide, situasi, dan relasi matematika secara tulisan dengan benda nyata, gambar, grafik, dan aljabar.

Item Type: Thesis (Masters)
Uncontrolled Keywords: Kemampuan Komunikasi Matematis, Self-Concept, Model Problem Based Learning, Metode Brainstorming.
Subjects: L Education > L Education (General)
Fakultas: Pasca Sarjana > Pendidikan Matematika, S2
Depositing User: Mahasiswa Pascasarjana UNNES
Date Deposited: 25 Sep 2023 03:19
Last Modified: 29 Sep 2023 01:32
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/60026

Actions (login required)

View Item View Item