Integrasi Pembelajaran BCCT (Beyond Centers and Circle Time) dengan nilai-nilai keislaman dalam mengembangkan kecerdasan verbal linguistik di TK TBS Kudus


Khomsatin Nadhiroh, 0108520019 (2023) Integrasi Pembelajaran BCCT (Beyond Centers and Circle Time) dengan nilai-nilai keislaman dalam mengembangkan kecerdasan verbal linguistik di TK TBS Kudus. Masters thesis, UNNES.

[thumbnail of tesis upload.pdf] PDF - Published Version
Download (1MB)
[thumbnail of tesis lengkap.pdf] PDF - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (6MB)
[thumbnail of soft file artikel.pdf] PDF - Published Version
Download (299kB)
[thumbnail of karya lain khomsatin nadhiroh.pdf] PDF - Published Version
Download (97kB)

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi pentingnya pembelajaran anak tentang nilai keislaman yang dimuat dalam pembelajaran BCCT (Beyond Centers And Circle Time). Setiap anak memiliki kecerdasan yang dapat dirangsang tumbuh kembangnya, salah satunya kecerdasan verbal-linguistik yang memiliki cukup banyak ruang dalam pendekatan pembelajaran BCCT ini. Metode penelitian ini menggunakan kualitatif deskriptif, dengan teknik pengumpulan data observasi, wawancaea, dan studi dokumentasi, Tujuan penelitian ini untuk mengetahui proses Integrasi atau Modifikasi Pembelajaran BCCT (Beyond Centers And Circle Time) dan Nilai-nilai Keislaman Dalam mengembangkan kecerdasan verbal linguistik di TK Tasywiquth Thullab Salafiyah Kudus dan pencapaian pembelajaran BCCT (Beyond Centers And Circle Time) dan nilai-nilai keislaman Dalam mengembangkan kecerdasan verbal linguistik di TK Tasywiquth Thullab Salafiyah Kudus. lokasi penelitian di lakukan di TK Tasywiquth Thullab Salafiyah Kudus.pada kelompok B berjumlah 15 anak. Adapun hasil penelitian ini adalah :1. Proses Integrasi Pembelajaran BCCT dengan Nilai-nilai Keislaman dalam mengembangkan kecerdasan verbal linguistik di TK Tasywiquth Thullab Salafiyah Kudus ada 5 macam sentra yang diterapkan di yaitu (1) sentra persiapan, (2) sentra main peran, (3) Sentra ASWAJA, (4) sentra balok, dan (5) sentra bahan alam. 2. pembelajaran bahwa beberapa indikator sudah berjalan dengan baik dengan beberapa anak yang perlu dibimbing lanjutan. Nilai-nilai keislaman anak munculnya paling menonjol pada Sentra ASWAJA yang di dalamnya merangsang anak untuk mengenal angka arab, huruf hijaiyah, melafalkan dua kalimat syahadat, bacaan asma ul husna, rukun islam rukun iman dan hafalan doa-doa harian dan surat-surat pendek, serta pada puncak tema adalah melakukan kegiatan ziarah ke makam di wilayah TK Tasywiquth Thullab Salafiyah Kudus. Kesimpulan hasil penelitian ini adalah Integrasi Pembelajaran BCCT (Beyond Centers and Circle Time) dengan Nilai-nilai Keislaman dalam mengembangkan kecerdasan verbal linguistik di TK Tasywiquth Thullab Salafiyah Kudus dilihat kemunculan indikator kecerdasan verbal-linguistik dengan nilai-nilai keislaman anak melalui kegiatan bermain di sentra-sentra yang sudah disediakan di TK Tasywiquth Thullab Salafiyah kudus sentra yang paling menonjol kegiatan keislamannya yaitu di sentra ASWAJA karena di sentra tersebut anak-anak dibiasakan untuk main dengan alat dan bahan, anak dapat mengembangkan pengetahuannya tentang angka arab, huruf hijaiyah, melafalkan dua kalimat syahadat, bacaan asmaul husna, rukun islam rukun iman dan hafalan doa-doa harian dan surat-surat pendek. Melatih kemampuan menulis angka arab dan huruf hijaiyah dengan menjiplak atau meniru contoh dan bermain. Bagi yang akan memasuki jenjang SD ada kemampuan belajar pegon. Selain itu setiap puncak tema di sentra ASWAJA ini TK Tasywiquth Thullab Salafiyah Kudus juga mengadakan kegiatan ziarah ke makam masyayikh untuk mendoakan para masyayikh yang sudah meninggal dan sowan kepada masyayikh atau guru-guru yang berada di wilayah TK Tasywiquth Thullab Salafiyah Kudus.Disarankan bagi peneliti lain agar dapat melakukan penelitian lebih mendalam tentang pembelajaran BCCT (Beyond Centers And Circle Time). dengan Nilai-nilai Keislaman dalam mengembangkan kecerdasan verbal linguistik.

Item Type: Thesis (Masters)
Uncontrolled Keywords: kecerdasan verbal linguistik, nilai-nilai keislaman, pembelajaran BCCT
Subjects: L Education > Educational Institutions
Fakultas: Pasca Sarjana > Pendidikan Anak Usia Dini, S2
Depositing User: Mahasiswa Pascasarjana UNNES
Date Deposited: 14 Sep 2023 07:53
Last Modified: 14 Sep 2023 07:53
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/59940

Actions (login required)

View Item View Item