Implementasi Pemanfaatan Media Pembelajaran Berbahan Loose Part dalam Merdeka Belajar Anak Usia Dini di Kabupaten Pemalang


Bhertia Annisa Rahma, 0108520013 (2023) Implementasi Pemanfaatan Media Pembelajaran Berbahan Loose Part dalam Merdeka Belajar Anak Usia Dini di Kabupaten Pemalang. Masters thesis, UNNES.

[thumbnail of Cover-daftar isi.pdf] PDF - Published Version
Download (1MB)
[thumbnail of 0108520013_Bhertia Annisa Rahma.pdf] PDF - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (9MB)
[thumbnail of Artikel Publikasi Bhertia AR.pdf] PDF - Published Version
Download (682kB)

Abstract

Pendidikan pada anak usia dini berorientasi pada pertumbuhan dan perkembangan yang optimal. Proses pembelajaran pada anak harus menyenangkan, tidak membosankan dan anak bebas berekspresi untuk meningkatkan kreativitas serta kemampuan dalam penyelesaian masalah. Adapun tujuan penelitian ini untuk menganalisis implementasi penerapan merdeka belajar, pemanfaatan media loose part serta kendala dan solusi dan penerapannya pada anak didik. Penelitian ini bersifat kualitatif deskriptif dengan pendekatan studi kasus. Objek dari penelitian ini adalah anak didik dan guru TK dan KB di Kabupaten Pemalang. Peneliti terlibat dalam penelitian dengan melakukan observasi langsung pada anak dan guru, kemudian melakukan wawancara secara terstruktur kepada guru pengajar. Kesimpulan penelitian menyatakan bahwa penerapan merdeka belajar dengan media pembelajaran berbahan loose part dapat membuat anak merasa senang dan tidak bosan, sehingga meningkatkan kreativitas dan membuat anak bebas berekspresi serta dapat memicu untuk menyelesaikan permasalahan. Saran dari peneliti untuk mengoptimalkan kemerdekaan belajar pada anak usia dini yaitu penggunaan bahan-bahan loose part yang bervariasi, partipasi guru dalam membangun komunikasi, kebebasan anak dalam memilih bahan serta penataan lingkungan pembelajaran.

Item Type: Thesis (Masters)
Uncontrolled Keywords: Loose Part, Merdeka Belajar, Anak Usia Dini
Subjects: L Education > L Education (General) > Learning Model
L Education > L Education (General)
Fakultas: Pasca Sarjana > Pendidikan Anak Usia Dini, S2
Depositing User: Mahasiswa Pascasarjana UNNES
Date Deposited: 06 Sep 2023 18:45
Last Modified: 06 Sep 2023 18:45
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/59870

Actions (login required)

View Item View Item