Evaluasi Program Pembelajaran Sejarah Indonesia melalui model Countenance Stake


Anjas Setiawan, 0104519004 (2023) Evaluasi Program Pembelajaran Sejarah Indonesia melalui model Countenance Stake. Masters thesis, UNNES.

[thumbnail of anjas setiawan caver sampai daftar isi.pdf] PDF - Published Version
Download (1MB)
[thumbnail of ANJAS FULL TEKS.pdf] PDF - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (5MB)
[thumbnail of artikel anjas setiawan b.inggris.pdf] PDF - Submitted Version
Restricted to Repository staff only

Download (578kB)
[thumbnail of LoA_AnjasSetiawan_PengembanganKurikulum_2019.pdf] PDF
Download (45kB)

Abstract

ABSTRAK Setiawan, Anjas. 2023. "Evaluasi Program Pembelajaran Sejarah Indonesia melalui model Countenance Stake” Tesis. Program Studi Pengembangan Kurikulum. Pascasarjana. Universitas Negeri Semarang. Pembimbing I Prof. Dr. Samsudi, M.Pd, Pembimbing II Dr. Hari Wibawanto, M. T. Kata Kunci: Sejarah Indonesia, Evaluasi Countenance Stake Tujuan penelitian ini adalah mengevaluasi program pembelajaran sejarah indonesia SMA di kabupaten Lampung Selatan berdasarkan Peraturan mentri pendikan dan kebudayaan riset Nomer 16 Tahun 2022 tentang standar proses pendidikan. Penelitian ini merupakan penelitian evaluasi mengunakan model Countenance Stake. Dalam studi evaluasi ini, penulis menggunakan model evaluasi yang dikembangkan oleh Stake, yaitu model Stake Countenance yang terdiri dari 3 tahap Evaluasi: Antecedents, Transactions dan Outcomes. Teknik pengumpulan data pada penelitian ini menggunakan observasi, wawancara dan dokumentasi terhadap guru, peserta didik, kepala sekolah, sarana dan prasarana dan orang tua. Kesimpulan hasil penelitian adalah (1) perencanaan pembelajaran sejarah indonesia termasuk kategori cukup dengan skor 68,75% (2) pelaksanaan pembelajaran sejarah indonesia termasuk kategori cukup dengan skor 67,5% (3) hasil pembelajaran sejarah indonesia termasuk kategori cukup dengan skor 66,6%. Terdapat Contingency antara perencanaan, pelaksanaan dan hasil. Manfaat penelitian ini untuk meningkatkan pembelajaran terutama mata pelajaran sejarah indonesia dan pihak sekolah bisa memperbaiki dengan maksimal.

Item Type: Thesis (Masters)
Uncontrolled Keywords: Learning of Indonesia History, Countenance Stake Evaluation
Subjects: L Education > Educational Institutions
Fakultas: Pasca Sarjana > Pengembangan Kurikulum (Kurikulum dan Teknologi Pembelajaran) S2
Depositing User: S.Hum Maria Ayu
Date Deposited: 12 Sep 2023 21:54
Last Modified: 04 Jul 2024 03:10
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/59825

Actions (login required)

View Item View Item