PENGARUH LINGKUNGAN BELAJAR TERHADAP MOTIVASI BELAJAR MAHASISWA JURUSAN PENDIDIKAN KESEJAHTERAAN KELUARGA UNNES PADA PEMBELAJARAN DALAM JARINGAN


Salam Sofan Sofyanto, 5404418044 (2022) PENGARUH LINGKUNGAN BELAJAR TERHADAP MOTIVASI BELAJAR MAHASISWA JURUSAN PENDIDIKAN KESEJAHTERAAN KELUARGA UNNES PADA PEMBELAJARAN DALAM JARINGAN. Under Graduates thesis, Unnes.

[thumbnail of 5404418044 - Salam Sofan Sofyanto.pdf] PDF
Download (4MB)
[thumbnail of 5404418044 - Salam Sofan Sofyanto.pdf] PDF
Download (4MB)

Abstract

Digitalisasi Pendidikan merupakan solusi tepat bagi permasalahan yang muncul akibat dari pelaksanaan pembelajaran konvensional dengan teknik ceramah. Digitalisasi Pendidikan ini juga dipercepat diterapkan pada Pendidikan akibat adanya wabah covid-19 dimana Pendidikan terdampak pada penutupan secara fisik sehingga dilaksanakan dengan melibatkan Iearning management system. Hal tersebut menciptakan lingkungan yang berbeda dan akan berpengaruh pada motivasi belajar. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh anatara lingkungan belajar terhadap motivasi belajar mahasiswa jurusan Pendidikan kesejahteraan keluarga pada pembelajaran dalam jaringan sekaligus untuk mengetahui gambaran atau kondisi lingkungan belajar serta motivasi belajar mahasiswa Pendidikan selama pembelajaran dalam jaringan Pada penelitian ini menggunakan teori kebutuhan hierarki maslow dan analisis yang digunakan adalah dengan metode kuantitatif yang menggunakan teknik pengumpulan data instrumen berupa questioner yang disebarkan kepada 258 sampel dari 782 populasi penelitian yaitu mahasiswa jurusan Pendidikan kesejahteraan keluarga UNNES dengan teknik uji deskriptif persentase dan juga analisis regresi. Hasil yang ditemukan dari dari perhitungan uji deskriptif persentase adalah lingkungan belajar mahasiswa pada pembelajaran dalam jaringan memiliki kondisi tidak baik dan juga ditemukan hasil pada motivasi belajarnya memiliki kondisi sangat tidak baik dan selanjutnya dilakukan uji regresi yang menunjukan persamaan Y’=3,701 + 0,799X yang mana dapat diartikan lingkungan belajar berpengaruh sebesar 79,9% terhadap motivasi belajar mahasiswa.sehingga dapat disarankan untuk civitas akademika secara bersama menciptakan lingkungan belajar agar dapat tercipta motivasi belajar yang baik dan tujuan dari Pendidikan dapat tercapai.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: lingkungan belajar, motivasi belajar, LMS.
Subjects: T Technology > TY Pendidikan Kesejahteraan Keluarga > TY2 Tata Boga S1
Fakultas: Fakultas Teknik > Pendidikan Tata Boga, S1
Depositing User: sri yuniati perpustakaan
Date Deposited: 20 Jul 2023 02:20
Last Modified: 20 Jul 2023 02:20
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/59611

Actions (login required)

View Item View Item