Pembekalan Guru SD Gugus Sindoro Blora Melalui Workshop Asesmen Nasional Menghadapi AKM Nasional


Arif Widiyatmoko, FMIPA P IPA (2021) Pembekalan Guru SD Gugus Sindoro Blora Melalui Workshop Asesmen Nasional Menghadapi AKM Nasional. Journal of Community Empowerment, 1 (1). ISSN 2798-5997

[thumbnail of 18. Pembekalan Guru SD Gugus Sindoro Blora.pdf] PDF - Published Version
Download (672kB)

Abstract

___________________________________________________________________ Tujuan pengabdian ini adalah memberikan pembekalan tentang AKM (Asesmen Kompetensi Minimum) Nasional dan AKM Kelas kepada guru SD Gugus Sindoro Blora. Pembekalan dilakukan melalui Workshop Penyusunan Try Out AKM dengan pola 32 jam dalam empat kali pertemuan (daring dan luring). Metode yang digunakan dalam kegiatan pengabdian masyarakat ini adalah pre-test dan post-test, ceramah, diskusi, pendampingan pelatihan membuat soal AKM Literasi dan Numerasi Kelas (Level-1 sampai Level-3), penugasan, dan praktik menyusun soal berdasarkan Desain Pengembangan Soal AKM. Hasil kegiatan pengabdian menunjukkan terdapat peningkatan pemahaman peserta workshop tentang pengetahuan Asesmen Nasional dan Asesmen Kompetensi Minimum sebesar 37,22. Kedua, kegiatan workshop melalui dua moda, yaitu moda daring dan moda luring berlangsung dengan pola 32 JP. Peserta workshop menunjukkan sikap dengan kategori baik melalui kreatif, kooperatif, dan kemandirian. Kegiatan daring (skor rataan sikap 3,17) dan luring (skor rataan sikap 3,37). Peserta menghasilkan produk berupa instrumen AKM Kelas Literasi Membaca dan Literasi Numerasi yang dapat dikembangkan oleh peserta sebagai materi untuk melakukan try out AKM Kelas di gugusnya. Ketiga, peserta memiliki respons positif (skor rataan sebesar 3,48) terhadap aspek materi, penyajian, bahasa, dan evaluasi yang disajikan dalam workshop

Item Type: Article
Uncontrolled Keywords: AKM Nasional, AKM Kelas, Literasi, Numerasi, Survei Karakter
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > Assessment of Learning
L Education > LB Theory and practice of education > Assessment of Learning
Fakultas: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Ilmu Pengetahuan Alam, S1
Depositing User: mahargjo hapsoro adi
Date Deposited: 07 Jul 2023 03:04
Last Modified: 07 Jul 2023 03:04
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/59514

Actions (login required)

View Item View Item