Peningkatan Hasil Belajar Siswa Melalui Pemberian Pop Quiz dan Penggunaan Media Buku Saku yang Berorientasi SETS


Wahyudi, 2009 (2009) Peningkatan Hasil Belajar Siswa Melalui Pemberian Pop Quiz dan Penggunaan Media Buku Saku yang Berorientasi SETS. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of Peningkatan Hasil Belajar Siswa Melalui Pemberian Pop Quiz dan Penggunaan Media Buku Saku yang Berorientasi SETS]
Preview
PDF (Peningkatan Hasil Belajar Siswa Melalui Pemberian Pop Quiz dan Penggunaan Media Buku Saku yang Berorientasi SETS) - Published Version
Download (33kB) | Preview

Abstract

Wahyudi. 2009. Peningkatan Hasil Belajar Siswa Melalui Pemberian Pop Quiz dan Penggunaan Media Buku Saku yang Berorientasi SETS. Jurusan Kimia. Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam. Universitas Negeri Semarang. Dosen Pembimbing: I. Drs. Kasmadi Imam S., M.S, II. Dr. Siti Sundari Miswadi, M.Si. Kata Kunci : Hasil Belajar, Pop Quiz, Buku Saku, SETS. Berdasarkan hasil studi awal, siswa kelas XI A3 SMA Negeri 1 Ungaran pada tengah semester 1 tahun 2008/2009 memperoleh nilai rata-rata dibawah standar, yaitu 61 dengan 13 siswa tuntas belajar. Hal itu dikarenakan siswa hanya belajar pada tingkat hafalan dan belum dapat memaknai setiap pelajaran yang diterimanya di kelas, sehingga siswa cepat mengalami kebosanan. Agar pembelajaran menjadi menarik, diperlukan suatu kondisi belajar yang dapat meningkatkan motivasi dan semangat belajar siswa. Salah satu alternatif melalui pemberian Pop Quiz dan penggunaan media buku saku yang berorientasi SETS (Science, Environment, Technology, and Society). Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui adanya peningkatan hasil belajar siswa melalui pemberian Pop Quiz dan penggunaan media buku saku yang berorientasi SETS. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas dan dilakukan dalam tiga siklus. Subyek penelitian adalah siswa kelas XI A3 SMA N I Ungaran. Pengumpulan data menggunakan metode tes, observasi, angket dan dokumentasi. Hasil penelitian pada siklus I, siklus II dan siklus III menunjukkan peningkatan jumlah siswa yang tuntas belajar. Dari 41 siswa, sebanyak 17 siswa tuntas belajar pada siklus I, 30 siswa pada siklus II dan 36 siswa pada siklus III. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa pembelajaran melalui pemberian Pop Quiz dan penggunaan media buku saku yang berorientasi SETS dapat meningkatkan hasil belajar siswa. Saran dari peneliti adalah pembelajaran melalui pemberian Pop Quiz dan penggunaan media buku saku yang berorientasi SETS dapat digunakan sebagai model pembelajaran alternatif pada pokok bahasan yang lain, dan hendaknya dilakukan penelitian lebih lanjut tentang efektifitas dan efisiensi penerapannya secara luas.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Hasil Belajar, Pop Quiz, Buku Saku, SETS.
Subjects: Q Science > QD Chemistry
Fakultas: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Kimia, S1
Depositing User: Hapsoro Adi Perpus
Date Deposited: 19 Oct 2011 01:20
Last Modified: 19 Oct 2011 01:20
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/5860

Actions (login required)

View Item View Item