Pengaruh Kemiringan Sudut Sudu Air Cyclone Terhadap Emisi Gas Buang Mesin 4e-Fte
Rudy Handoko , 5201406004 (2011) Pengaruh Kemiringan Sudut Sudu Air Cyclone Terhadap Emisi Gas Buang Mesin 4e-Fte. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.
Preview |
PDF (Pengaruh Kemiringan Sudut Sudu Air Cyclone Terhadap Emisi Gas Buang Mesin 4e-Fte)
- Published Version
Download (1MB) | Preview |
Abstract
Air cyclone merupakan alat tambahan yang ditempatkan sebelum saluran intake manifold. Pada umumnya cyclone terbuat dari bahan yang tahan karat (stainless steel/aluminium) serta mempunyai sudu-sudu yang membentuk kemiringan tertentu. Sudu-sudu tersebut berfungsi agar udara yang melewati sudu-sudu tersebut akan terbentuk pusaran sehingga percampuran bahan bakar dan udara lebih homogen dan langsung menuju pusat pembakaran pada ruang bakar. Akibatnya pembakaran akan menjadi lebih sempurna. Pembakaran yang sempurna akan membuat emisi gas buang lebih baik. Dari uraian diatas peneliti meneliti pengaruh kemiringan sudu air cyclone terhadap emisi gas buang mesin turbo 4e-fte. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kualitas dan kuantitas emisi gas buang mesin turbo 4E-FTE dengan variasi kemiringan sudu air cyclone. Desain penelitian yang digunakan adalah eksperiment developmental karena pada dasarnya penelitian ini dilakukan untuk menguji suatu gejala yang dapat terukur. Khusus dalam penelitian ini dengan menekankan pada subyek uji emisi gas buang mesin. Rancangan percobaan memerlukan langkah-langkah atau tindakan yang tersusun secara sistematis sehingga informasi yang diperlukan untuk menjawab permasalahan yang diteliti dapat terkumpul dengan baik. Terdapat pengaruh pengaplikasian air cyclone dengan sudut kemiringan sudu 100, 200, 300 terhadap emisi gas buang mesin turbo 4E-FTE. Dengan menggunakan air cyclone 300 emisi gas buang yang dihaslikan lebih baik daripada menggunakan air cyclone 100, 200. Saran perlu dilakukan pengujian dengan menggunakan mesin yang masih baru, sehingga dapat diketahui emisi gas buang mesin yang belum mengalami penurunan performa, Perlu dilakukan penyempurnaan pada kipas pendingin radiator supaya saat pengujian suhu mesin tidak cepat panas, Perlu dilakukan penyempurnaan pada turbocharger agar hasil pengukuran emisi gas buang lebih valid, Perlu diadakan kajian lebih lanjut dengan menggunakan injector standart mesin 4E-FTE supaya didapat hasil pengukuran yang lebih valid, dan Perlu diadakan kajian lebih lanjut tentang pengaplikasian air cyclone terhadap emisi gas buang mesin turbo 4E-FTE karena alat uji emisi gas buang yang digunakan pada penelitian ini kurang lengkap sehingga perlu dilakukan penelitian lebih lanjut menggunakan alat uji emisi gas buang yang lebih lengkap pengukurannya.
Item Type: | Thesis (Under Graduates) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Sudut Sudu, Air Cyclone, Emisi Gas Buang |
Subjects: | T Technology > TJ Mechanical engineering and machinery |
Fakultas: | Fakultas Teknik > Pendidikan Teknik Mesin, S1 |
Depositing User: | budi Budi santoso perpustakaan |
Date Deposited: | 19 Oct 2011 01:08 |
Last Modified: | 25 Apr 2015 06:06 |
URI: | http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/5852 |
Actions (login required)
View Item |