PENGARUH MOTIVASI BELAJAR, KEPERCAYAAN DIRI, DAN EFIKASI DIRI TERHADAP KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS MATEMATIKA SISWA KELAS IV SD NEGERI GUGUS PRAU KECAMATAN NGADIREJO KABUPATEN TEMANGGUNG


Lilis Damayanti, 1401418432 (2022) PENGARUH MOTIVASI BELAJAR, KEPERCAYAAN DIRI, DAN EFIKASI DIRI TERHADAP KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS MATEMATIKA SISWA KELAS IV SD NEGERI GUGUS PRAU KECAMATAN NGADIREJO KABUPATEN TEMANGGUNG. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of 1401418432 - Lilis Damayanti.pdf] PDF - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (13MB) | Request a copy

Abstract

Berdasarkan data pra penelitian yang diperoleh bahwa motivasi belajar, kepercayaan diri, dan efikasi diri siswa kelas IV SD Negeri Gugus Prau Kecamatan Ngadirejo Kabupaten Temanggung masih rendah, serta kemampuan berpikir kritis matematika masih perlu ditingkatkan lagi. Tujuan penelitian ini yaitu (1) menguji pengaruh motivasi belajar terhadap kemampuan berpikir kritis matematika siswa kelas IV SD Negeri Gugus Prau Kecamatan Ngadirejo Kabupaten Temanggung; (2) menguji pengaruh kepercayaan diri terhadap kemampuan berpikir kritis matematika siswa kelas IV SD Negeri Gugus Prau Kecamatan Ngadirejo Kabupaten Temanggung; (3) menguji pengaruh efikasi diri terhadap kemampuan berpikir kritis matematika siswa kelas IV SDN Gugus Prau Kecamatan Ngadirejo Kabupaten Temanggung; (4) menguji pengaruh motivasi belajar, kepercayaan diri, dan efikasi diri terhadap kemampuan berpikir kritis matematika siswa kelas IV SDN Gugus Prau Kecamatan Ngadirejo Kabupaten Temanggung. Penelitian ini merupakan penelitian korelasi dengan jumlah populasi sebanyak 143 siswa. Teknik pengambilan sampel menggunakan propotional random sampling sebanyak 105 siswa. Teknik pengumpulan data menggunakan angket, wawancara, tes dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) terdapat pengaruh yang positif dan signifikan antara motivasi belajar dengan kemampuan berpikir kritis matematika diperoleh nilai koefisien korelasi 0,652; (2) terdapat pengaruh yang positif dan signifikan antara kepercayaan diri dengan kemampuan berpikir kritis matematika diperoleh nilai koefisien korelasi 0,755; (3) terdapat pengaruh yang positif dan signifikan antara efikasi diri dengan kemampuan berpikir kritis matematika diperoleh nilai koefisien korelasi 0,687; (4) terdapat pengaruh yang positif dan signifikan antara motivasi belajar, kepercayaan diri dan efikasi diri dengan kemampuan berpikir kritis matematika diperoleh nilai koefisien korelasi 0,740. Simpulan dalam penelitian ini yaitu terdapat pengaruh motivasi belajar, kepercayaan diri, dan efikasi diri terhadap kemampuan berpikir kritis matematika siswa kelas IV SDN Gugus Prau Kecamatan Ngadirejo Kabupaten Temanggung. Saran dalam penelitian ini yaitu guru lebih mengoptimalkan motivasi belajar, kepercayaan diri dan efikasi diri dalam diri siswa sehingga mampu meningkatkan kemampuan berpikir kritis matematika siswa

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: motivasi belajar, kepercayaan diri, efikasi diri dan kemampuan berpikir kritis matematika.
Subjects: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1)
Fakultas: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1)
Depositing User: dwi setyo hastaningsih
Date Deposited: 15 May 2023 03:31
Last Modified: 15 May 2023 03:31
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/58410

Actions (login required)

View Item View Item