Efektivitas Layanan Penguasaan Konten dan Self-Regulated Learning untuk Menurunkan Prokrastinasi Akademik.


Sunawan, FIP Bimbingan Konseling (2019) Efektivitas Layanan Penguasaan Konten dan Self-Regulated Learning untuk Menurunkan Prokrastinasi Akademik. Indonesian Journal of Guidance and Counseling: Theory and Application, 8 (2). ISSN 2252 - 6374

[thumbnail of 22. Efektivitas Layanan Penguasaan Konten dan Self-Regulated Learning.pdf] PDF - Published Version
Download (261kB)

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk membuktikan keefektifan layanan penguasaan konten dengan topik self-regulated learning untuk menurunkan tingkat prokrastinasi akademik siswa. Jenis penelitian yang digunakan adalah eksperimen dengan desain one group pre-test dan post-test. Subjek penelitian ini adalah seluruh populasi siswa kelas X Is 3(N= 38 orang siswa). Data dikumpulkan menggunakan skala prokrastinasi akademik siswa dan dianalisis menggunakan analisis deskriptif kuantitatif serta uji t-test. Hasil penelitian menunjukkan bahwa tingkat prokrastinasi akademik siswa menurun secara signifikan melalui layanan penguasaan konten dengan menggunakan topic self- regulated learning (0,00<0,01) yang jika disimpulkan self-regulated learning efektif untuk menurunkan prokrastinasi melalui layanan penguasaan konten.

Item Type: Article
Uncontrolled Keywords: Layanaan Penguasaan Konten; Tingkat Prokrastinasi Akademik; Self-Regulated Learning
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > Learning Model
Fakultas: Fakultas Ilmu Pendidikan > Bimbingan dan Konseling (S1)
Depositing User: mahargjo hapsoro adi
Date Deposited: 15 May 2023 01:14
Last Modified: 15 May 2023 01:14
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/58366

Actions (login required)

View Item View Item