Strategi Pembelajaran Biologi Berbasis Kompetensi dan Konservasi


Saiful Ridlo, FMIPA P Biologi (2013) Strategi Pembelajaran Biologi Berbasis Kompetensi dan Konservasi. Biosaintifika, 5 (2). ISSN 2085-191X

[thumbnail of 56 Strategi Pembelajaran Biologi Berbasis Kompetensi dan Konservasi.pdf] PDF - Published Version
Download (810kB)

Abstract

Pembelajaran melibatkan interaksi dosen, mahasiswa, dan sumber belajar. Interaksi antara ketiganya membutuhkan strategi pembelajaran. Penelitian ini bertujuan menghasilkan strategi pembelajaran biologi di Jurusan Biologi Unnes yang telah berkomitmen mengaplikasikan kurikulum berbasis kompetensi dan konservasi dengan ciri pendekatan jelajah alam sekitar (JAS). Metodologi penelitian menggunakan pendekatan kualitatif. Informannya dosen dan mahasiswa yang mengajar dan belajar biologi umum, mikrobiologi, dan taksonomi hewan. Data yang diperoleh berupa deskripsi kegiatan belajar mengajar dan lesson study. Datadata dianalisis kemudian dinarasikan. Hasil penelitian menunjukkan pembelajaran biologi dengan pendekatan berpusat pada siswa yang dikhususkan pada kegiatan penjelajahan alam sekitar dapat dilakukan menggunakan strategi yang berbasis pada cara belajar siswa aktif dan kooperatif. Strategi-strategi tersebut adalah pembelajaran kontekstual, pembelajaran partisipatif, dan pembelajaran inkuiri.

Item Type: Article
Uncontrolled Keywords: earning strategies; EAE; Competence; Conservation
Subjects: L Education > L Education (General) > interpersonal competence
L Education > L Education (General) > learning activity
Fakultas: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Biologi, S1
Depositing User: mahargjo hapsoro adi
Date Deposited: 05 May 2023 00:55
Last Modified: 05 May 2023 00:55
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/57980

Actions (login required)

View Item View Item