Pembentukan Karakter Dan Pemecahan Masalah Melalui Model Superitem Berbantuan Scaffolding


Pratiwi,, - and Sukestiyarno, Y.L and Asikin, M. (2014) Pembentukan Karakter Dan Pemecahan Masalah Melalui Model Superitem Berbantuan Scaffolding. Unnes Journal of Mathematics Education., 3 (1). pp. 69-74. ISSN 2252-6927

[thumbnail of Artikel] PDF (Artikel)
Download (2MB)
[thumbnail of Turnitin] PDF (Turnitin)
Download (1MB)

Abstract

Tujuan dalam penelitian ini adalah untuk mengetahui apakah model pembelajaran Superitem berbantuan scaffolding pada materi trigonometri kelas X SMK dapat meningkatkan karakter rasa ingin tahu, ketrampilan pemecahan masalah, dan dapat mencapai KKM pada siswa yang ditentukan pada kemampuan pemecahan masalah. Jenis penelitian ini adalah penelitian kualitatif deskriptif. Pengambilan sampel menggunakan teknik purposive pada kelas X RPL 2 dengan 5 siswa sebagai subjek penelitian. Subjek 1 adalah siswa peringkat pertama, subjek 2, 3 dan 4 adalah siswa pada kuartil pertama, kedua dan ketiga serta subjek 5 siswa pada peringkat terakhir. Hasil penelitian menunjukkan karakter rasa ingin tahu dan keterampilan pemecahan masalah kelima subjek penelitian meningkat ditunjukkan dengan peningkatan skor gain yang diperoleh dari hasil pengamatan dan wawancara. Meningkatnya karakter rasa ingin tahu dan keterampilan pemecahan masalah siswa mempengaruhi kemampuan pemecahan masalah siswa dengan tercapainya KKM yang ditetapkan yaitu ≥71. Simpulan pada penelitian ini adalah model pembelajaran Superitem berbantuan scaffolding dapat meningkatkan 3 aspek hasil belajar yaitu afektif, psikomotorik, dan kognitif. Abstract

Item Type: Article
Uncontrolled Keywords: Character,Problem Solving,Scaffolding,Superitem
Subjects: L Education > Special Education > Mathematics Education
Fakultas: UNSPECIFIED
Depositing User: Repositori Dosen Unnes
Date Deposited: 02 May 2023 02:13
Last Modified: 21 Jul 2023 01:44
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/57734

Actions (login required)

View Item View Item