Model Problem Based Instruction Pada Perkuliahan Fisika Lingkungan Untuk Mengembangkan Sikap Kepedulian Lingkungan


Dwi Yulianti, FMIPA P Fisika (2013) Model Problem Based Instruction Pada Perkuliahan Fisika Lingkungan Untuk Mengembangkan Sikap Kepedulian Lingkungan. Jurnal Pendidikan Fisika Indonesia, 9. pp. 35-42. ISSN 1693-1246

[thumbnail of 8 Model Problem Based Instruction.pdf] PDF - Published Version
Download (375kB)
[thumbnail of Sertifikat  Akreditasi JPFI.pdf] PDF - Published Version
Download (1MB)

Abstract

Kepedulian lingkungan adalah salah satu indikator nilai untuk pendidikan budaya dan karakter bangsa yang telah ditentukan oleh Kementrian Pendidikan Nasional. Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan sikap kepedulian lingkungan dan kemampuan pemecahan masalah mahasiswa, melalui penerapan model pembelajaran Problem Based Instruction pada mata kuliah Fisika Lingkungan. Desain penelitian ini adalah kuasi eksperimen, dengan menggunakan pretest- postest experimental design. Instrumen yang digunakan berupa angket untuk mengukur sikap kepedulian lingkungan, lembar observasi untuk mengukur kemampuan memecahkan masalah. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pembelajaran fisika lingkungan yang dilaksanakan dengan model problem based instruction dapat meningkatkan sikap kepedulian lingkungan dan kemampuan mahasiswa dalam memecahkan masalah.

Item Type: Article
Uncontrolled Keywords: : problem based instruction; environmental awareness attitude; problem-solving ability
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > Learning Model
Q Science > QC Physics
Fakultas: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Fisika, S1
Depositing User: mahargjo hapsoro adi
Date Deposited: 27 Apr 2023 06:27
Last Modified: 27 Apr 2023 08:39
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/57594

Actions (login required)

View Item View Item