Penerapan Investigasi Kelompok Berbantuan Multimedia Materi Identifikasi Bakteri


Saiful Ridlo, FMIPA P Biologi (2013) Penerapan Investigasi Kelompok Berbantuan Multimedia Materi Identifikasi Bakteri. Unnes Journal of Biology Education, 2 (1). ISSN 2252-6579

[thumbnail of 25 Penerapan Investigasi Kelompok Berbantuan Multimedia.pdf] PDF - Published Version
Download (411kB)

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk menemukan apakah penerapan model pembelajaran investigasi kelompok berbantuan multimedia dapat meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa dalam pembelajaran materi identifikasi bakteri di SMK N 1 Kalibagor. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas X SMK N 1 Kalibagor, sedangkan sampelnya yaitu siswa kelas I A MP dan I ATP. Rancangan penelitian yang digunakan adalah one shot case study, sedangkan analisis data menggunakan triangulasi sumber. Hasil penelitian menunjukkan bahwa ≥ 80% siswa aktif dan sangat aktif dalam pembelajaran dan ketuntasan hasil belajar klasikal siswa kelas I AMP dan 1 ATP lebih besar dari pembelajaran sebelumnya yang tidak menerapkan pembelajaran investigasi kelompok berbantuan multimedia, sehingga dapat disimpulkan bahwa penerapan model pembelajaran investigasi kelompok berbantuan multimedia dapat meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa pada pembelajaran materi identifikasi bakteri di SMK N 1 Kalibagor Kabupaten Banyumas

Item Type: Article
Uncontrolled Keywords: bacteria identification, group investigation, multimedia, vocational school
Subjects: L Education > LC Special aspects of education > Vocational Skill
Q Science > QH Natural history > QH301 Biology
Fakultas: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Biologi, S1
Depositing User: mahargjo hapsoro adi
Date Deposited: 27 Apr 2023 01:56
Last Modified: 27 Apr 2023 01:56
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/57526

Actions (login required)

View Item View Item