(ABSTRAK) PENGARUH MODEL STUDENT FACILITATOR AND EXPLAINING TERHADAP AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR SISWA MATERI INVERTEBRATA DI SMA 1 BOJA


Eko Prastyo , 4401405553 (2010) (ABSTRAK) PENGARUH MODEL STUDENT FACILITATOR AND EXPLAINING TERHADAP AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR SISWA MATERI INVERTEBRATA DI SMA 1 BOJA. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of (ABSTRAK) PENGARUH MODEL STUDENT FACILITATOR AND EXPLAINING TERHADAP AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR SISWA MATERI INVERTEBRATA DI SMA 1 BOJA]
Preview
PDF ((ABSTRAK) PENGARUH MODEL STUDENT FACILITATOR AND EXPLAINING TERHADAP AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR SISWA MATERI INVERTEBRATA DI SMA 1 BOJA) - Published Version
Download (71kB) | Preview

Abstract

Kegiatan pembelajaran materi Invertebrata kelas X di SMA 1 Boja belum memperlihatkan keaktifan selama proses pembelajaran sehingga perlu ditingkatkan. Siswa belum sepenuhnya melibatkan diri, aktif dan belum merasa senang serta antusias mengikuti proses pembelajaran yang dirancang oleh guru. Salah satu alternatif untuk mengatasi hal tersebut adalah dengan menerapkan model pembelajaran yang memberikan kesempatan siswa untuk berinteraksi, bekerjasama dan berkomunikasi dalam kegiatan pembelajaran. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penggunaan model student facilitator and explaining terhadap aktivitas dan hasil belajar siswa pada materi Invertebrata. Penelitian ini dilakukan pada kelas X SMA Negeri 1 Boja Kabupaten Kendal semester genap tahun pelajaran 2008/2009. Populasi sebanyak 7 kelas yaitu X-1, X-2, X-3, X-4, X-5, X-6, X-7 kemudian diambil sampel secara acak, terpilih kelas X-2 kelas X-3 sebagai kelas Eksperimen. Rancangan penelitian ini adalah The One Shot Case Study. Data yang diambil pada penelitian ini meliputi aktivitas siswa dalam diskusi, hasil belajar siswa, kinerja guru dan tanggapan siswa. Hasil penelitian menunjukkan bahwa aktivitas belajar siswa kedua kelas Eksperimen dari pertemuan 1 sampai 4 mengalami peningkatan yaitu 92% kelas X-2 dan 95% kelas X-3 pada pertemuan 4 dan dikategorikan sangat aktif. Model yang digunakan berpengaruh positif terhadap aktivitas siswa diataranya siswa aktif berpartisipasi dan menyelesaikan masalah dengan berdiskusi, berani mengungkapkan pendapat, ide serta menjawab pertanyaan baik dari guru maupun teman, memperhatikan guru atau teman pada kegiatan pembelajaran, siswa memberikan respon terhadap penjelasan guru dengan mencatat serta mengoreksi jawaban serta pendapatnya yang kurang tepat, berani dan mampu mengungkapkan kembali pemahamannya terhadap materi yang dipelajari dengan presentasi di kelas. Keaktifan tersebut dapat meningkatkan pemahaman siswa dalam belajar yang dibuktikan dengan hasil belajar aspek kognitif siswa kedua kelas Ekperimen yaitu 100% siswa mencapai KKM dengan nilai rata-rata sebesar 73 pada kelas X- 2 dan nilai rata-rata sebesar 75 pada kelas X-3. Hal tersebut menunjukkan bahwa bahwa penerapan model pembelajaran student facilitator and explaining berpengaruh terhadap aktivitas dan hasil belajar siswa materi Invertebrata di SMA Negeri 1 Boja Kabupaten Kendal tahun pelajaran 2008/2009.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: metode Student facilitator and explaining, invertebrata, aktivitas belajar, hasil belajar
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
Q Science > QH Natural history > QH301 Biology
Fakultas: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Biologi, S1
Depositing User: Users 98 not found.
Date Deposited: 15 Oct 2011 02:44
Last Modified: 19 Oct 2011 02:04
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/5729

Actions (login required)

View Item View Item